Mohon tunggu...
charla SusantiSE
charla SusantiSE Mohon Tunggu... Administrasi - Bekerja sebaga Pegawai Negeri Sipil

AnalisPertahanan Negara Ahli Muda Setditjen Pothan Kemhan

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Hubungan Ketahanan Nasional dan Bela Negara

7 September 2022   07:15 Diperbarui: 7 September 2022   07:39 2820 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Belanegara adalah sebuah konsep tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok, atau seluruh komponen dari suatu negara. Secara fisik dapat diartikan sebagai usaha pertahanan dari segala bentuk AGHT (Ancaman, Gangguan, Hambatan, dan Tantangan) terhadap eksistensi negara tersebut.  

Kecintaan terhadap NKRI ini didasarkan oleh Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, dalam menjalin kelangsungan hidup negara dan bangsa secara utuh. Kewajiban dalam membela negara ini tidak hanya menjadi tuntutan dari aparat negara seperti POLRI atau TNI, serta Perangkat keamanan saja. Akan tetapi, tugas ini juga diemban oleh seluruh warga negara Indonesia yang dapat disesuaikan dengan profesi serta kemampuan yang dimilikinya.

Mempertahankan negara dari berbagai tantangan ketahanan nasional dan bela negara merupakan tugas seluruh penduduk NKRI. Ketahanan nasional memang tidak bisa tercapai jika hanya aparatur negara saja yang berperan. Karena aspek yang paling penting adalah penduduknya.  

Begitu pula dengan tindakan bela negara.   Sikap ini tidak terbatas pada kewajiban tentara, polisi, maupun aparat penegak hukum lainnya. Karena setiap masyarakat dan penduduk negara Indonesia wajib memiliki sikap bela negara.  

Tantangan ketahanan nasional beragam,  tentu saja bukan berarti orang sipil harus ikut berperang atau sejenisnya. Ada konsep mengenai ketahanan negara dan bela negara yang perlu kita  pahami terlebih dahulu.

Pengertian Ketahanan Nasional

Sebelum mengerti tentang hubungan tantangan ketahanan nasional dan bela negara, ketahui pengertian dari ketahanan nasional terlebih dahulu.    Sebenarnya istilah ini belum benar-benar terdefinisi dengan baik sampai tahun 1968.   Ketahanan negara merupakan sebuah situasi di mana masyarakat dan pemerintah memiliki ketahanan. 

Artinya, segalanya tercukupi, bahkan dalam kondisi yang dinamis di dalam negeri.   Lalu ada juga sifat ulet dan tangguh dari aparatur pemerintah maupun masyarakat.  Untuk menghadapi berbagai bentuk tantangan seperti ancaman, gangguan, maupun hambatan.


Pengertian Tindakan Bela Negara

 

Setelah mengerti mengenai pengertian ketahanan nasional, berikutnya ketahui pengertian dari bela negara.    Memahami pembahasan sebelumnya, konsep bela negara yang berlaku di masyarakat tentu saja berbeda dengan aparatur negara.   

Bela negara untuk masyarakat luas bukan berarti para penduduk harus terlibat bahaya seperti perang dan sebagainya. Bela negara untuk penduduk lebih condong pada sikap dan perilaku cinta tanah air, mempertahankan kekayaan dan kebudayaan dalam negeri, dll.

Secara sederhana, sikap bela negara ini bermula dari sifat dan sikap yang tercermin dalam perilaku keseharian. Hal ini berdasarkan pada nilai-nilai pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia sekaligus Undang-Undang Dasar 1945.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan