Mohon tunggu...
Charisma Eka Madinah
Charisma Eka Madinah Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Mahasiswa Administrasi Publik - Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

No tienes derecho a una opinión. Tienes derecho a una opinión informada. Nadie tiene derecho a ser ignorante.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Cek Yuk! Analisis Kinerja Organisasi Karang Taruna Kelurahan Kedungwonokerto Sidoarjo

8 Juli 2022   22:41 Diperbarui: 9 Juli 2022   02:38 124 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Desa kedungwonokerto masuk dalam kategori penilaian lomba Sidoarjo revitalisasi kali (sidoarjokab.go.id)

Kinerja organisasi sangat penting untuk mengukur keberhasilan sebuah tujuan organisasi yang telah disusun sebelumnya. Sukses ataupun tidaknya kinerja yang sudah dicapai oleh sesuatu organisasi, dipengaruhi oleh tingkatan kinerja dari anggota, baik secara individual ataupun secara kelompok, sehingga kinerja dapat diartikan sebagai hasil dari aktivitas kerjasama anggota organisasi dalam rangka menggapai tujuan organisasi. 

Faktor faktor yang ditunjang dari kepemimpinan berupa Support/dukungan, memberikan motivasi semangat untuk maju bersama, menghimbau dan memberi arahan kepada seluruh anggota organisasi. 

Sedangkan dilihat dari faktor tim berupa semangat yang diberikan oleh tiap anggota dalam satu tim, solidaritas, kepercayaan terhadap sesama anggota organisasi, kekompakan, dan persaudaraan satu sama lain antar anggota organisasi. Apabila kepemimpinan serta teamwork kurang menemukan perhatian, hingga hendak berakibat terbentuknya penyusutan kinerja anggota yang nantinya hendak berdampak terbentuknya hal-hal yang tidak diidamkan, semacam hasil kerja yang tidak optimal yang hendak berdampak kepada susahnya tercapai pada tujuan yang diidamkan. Namun, hal buruk ini tidak sampai terjadi pada Organisasi Karangtaruna Desa Kedungwonokerto Kecamatan Prambon. 

Organisasi kartar ini dilihat dari kinerja organisasi dari tahun ke tahun selalu berjalan dengan baik dimana membantu permasalahan warga sekitar, mempermudah terwujudnya visi misi menjadi desa yang asri, banyak berkontribusi untuk masyarakat sekitar baik dalam dunia keagamaan maupun acara sosial. Lantas, apa yang membuat organisasi ini memiliki Citra yang dipandang baik oleh masyarakat?

Tipe kepemimpinan Delegatif Ketua Karangtaruna dalam organisasi ini telah memainkan peran yang sangat dominan dalam tiap-tiap keberhasilan suatu organisasi. Tipe kepemimpinan Delegatif dimana sebagai seorang pemimpin, selalu mendiskusikan setiap masalah-masalah yang dihadapi dengan anggota. 

Selanjutnya mendelegasikan pengambilan keputusan kepada anggota. Setiap anggota selalu diberi hak untuk menentukan langkah-langkah bagaimana keputusan dilaksanakan. Anggota yang selalu berperan aktif dalam setia kegiatan, terampil dalam keunggulan yang mereka miliki. Dalam hal ini para anggota organisasi dianggap memiliki kecakapan dan sangat dipercaya oleh ketua organisasi karangtaruna Desa Kedungwonokerto.

Kinerja organisasi karangtaruna Kelurahan Kedungwonokerto berdasarkan hasil pengamatan mengenai penanggulangan berbagai masalah sosial, sudah cukup baik. 

Organisasi karang taruna ini sudah sesuai dengan teori Perspektif Lingkungan yang berarti organisasi karangtaruna kelurahan Kedungwonokerto telah berhasil menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar dan sampai saat ini masih mampu berdiri kokoh menghadapi beberapa persoalan lingkungan dan dengan progam kerja baru yang telah terealisasi. 

Dilain sisi, karena kinerja yang dinilai baik oleh warga sekitar, organisasi karangtaruna ini mendapat dukungan penuh oleh warga untuk tetap mampu bertahan sampai saat ini.

Desa Kedungwonokerto merupakan salah satu dari 14 desa yang masuk dalam kategori penilaian lomba Sidoarjo revitalisasi kali (Sidoresik). Penilaian Sidoresik di 14 Desa tersebut berlangsung mulai tanggal 27-29 Januari. Pemenang diumumkan pada tanggal 30 januari 2022 di Alun-Alun Sidoarjo. Poin penilaian dalam lomba ini selain kebersihan dan keindahan, ditambah adanya stan UMKM di sepanjang area Kali. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan