Mohon tunggu...
Christian Evan Chandra
Christian Evan Chandra Mohon Tunggu... Pemilik dan pengelola blog IDE ASLI CEVAN

Penggemar kuliner, pariwisata, teknologi, dan motorsport. Aktif menulis di blog dan terus berusaha menelurkan buku-buku berkualitas. Pemilik, pengelola, dan penulis tunggal di officialcevanideas.wordpress.com. Memiliki minat di bidang matematika dan keuangan.

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Enam Kemudahan Bertransaksi Hemat dan Cepat Pakai PRIMA

30 Juni 2019   18:29 Diperbarui: 30 Juni 2019   18:54 0 0 0 Mohon Tunggu...
Enam Kemudahan Bertransaksi Hemat dan Cepat Pakai PRIMA
Mesin ATM BCA yang terhubung dengan jaringan PRIMA. Foto merupakan dokumen pribadi.

Seiring semakin merakyatnya layanan perbankan dan berkembangnya teknologi, Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) semakin dekat kepada keberhasilannya. Masyarakat kini tak bisa lepas dari uang non-tunai dengan segala kemudahan dan penghematan yang ada. Dengan demikian, peran dunia perbankan begitu penting dalam menjamin kelancaran transaksi. Ketika begitu banyak bank di negeri ini dan setiap pihak punya preferensi sendiri terkait pilihannya, bagaimana semua ini disiasati?

PT Rintis Sejahtera melalui jaringan PRIMA, yang dikenal sebagai punggawa utama ATM BCA, menawarkan kemudahan dalam bertransaksi antarbank, pengisian uang elektronik, sampai melakukan pembayaran dengan biaya yang terjangkau. Melayani sejak 1991, bank konvensional maupun bank Syariah, bank milik negara, daerah, swasta nasional, maupun pihak asing, semuanya terhubung melalui jaringan ini lengkap dengan mitra dari berbagai sektor membentuk komunitas berisi lebih dari 80 bank dengan ratusan ribu mesin ATM.

Dengan jaminan keamanan, kecepatan, dan kestabilan jaringan, transaksi akan diselesaikan secara realtime online baik melalui ATM, internet banking, mobile banking, maupun swipe di Indonesia atau negara tetangga. Semuanya diselaraskan dengan program Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dari Bank Indonesia.

Memindahkan uang hadiah ke rekening pribadi
Sepuluh tahun lalu, ketika lebih senang dengan lomba keilmuan on-site, saya sering mendapatkan hadiah berupa rekening bank-bank "kecil" yang mesin ATM sendiri terdekatnya jauh dari domisili saya dan salah satunya adalah Bank Commonwealth Indonesia. Pergi ke sana demi menghemat biaya antarbank tidak masuk akal sehingga saya memilih memindahkan seluruh saldonya ke rekening utama saya melalui transfer di mesin ATM BCA terdekat yang berjaringan PRIMA dan beroperasi setiap saat.

Menarik uang di luar daerah
Lima belas tahun lalu, ketika masih tinggal di pinggiran ibu kota, saya tinggal di daerah yang hanya memiliki satu kantor cabang bank swasta yaitu Bank Lippo. Jika memilih bank lain, jarak terdekat mesin ATM-nya saja dari rumah bisa memakan waktu lebih dari lima belas menit dengan sepeda motor dan sangat tidak efektif ketika membutuhkan uang dengan cepat.

Masalah melanda ketika bermain ke tempat-tempat di Jakarta yang tidak memiliki mesin ATM Bank Lippo, terlebih dulu saya selalu bepergian dengan transportasi umum dan tidak aman untuk membawa segepok uang. Menarik uangnya tentu di ATM BCA, karena keduanya terhubung melalui jaringan PRIMA.

Ketika kembali sejenak ke Belitung awal tahun lalu, kami menginap di hotel yang hanya ada ATM BCA dan jarak ke mesin ATM lain yang terdekat tergolong jauh. Hari beranjak malam, dompet kehabisan uang tunai, dan saudara yang tidak memiliki rekening BCA pun tetap bisa menarik uang di ATM BCA berkat jaringan PRIMA.

Layanan PRIMA ATM sebagaimana diterangkan di situs resminya.
Layanan PRIMA ATM sebagaimana diterangkan di situs resminya.

Pada kenyataannya, selain transfer dan tarik tunai, kita juga bisa mengecek saldo di seluruh mesin ATM berjaringan PRIMA. Layanan ini tersedia 24 jam dengan biaya yang terjangkau sesuai kebijakan bank tempat Anda menabung, tentunya menghemat uang dan waktu dibandingkan jauh-jauh mencari mesin ATM dari bank Anda sendiri.

Dengan demikian, kita tidak perlu memiliki rekening dari banyak bank untuk bisa bertransaksi di mana-mana alias menghamburkan biaya administrasi, begitu juga dengan membawa banyak uang tunai dan meningkatkan risiko keamanan diri karena takut tak bisa menarik uang ketika dibutuhkan.

Tak ada lagi kata-kata untuk membuka rekening bank baru setiap kali merantau ke  daerah lain. Tak perlu lagi berpikir rekening mana yang akan digunakan di suatu daerah berdasarkan ketersediaan mesin ATM. Apalagi takut menjadi nasabah bank, singkirkanlah jauh-jauh rasa itu.

Melakukan pembayaran realtime online
Sekitar tiga tahun lalu, teman-teman sering mengajak saya hangout kuliner di seputar Jakarta. Tempat makan baru dengan hidangan kreatif nan kekinian hasil inovasi anak muda menjadi incaran. Jika tidak pandai mengatur strategi, tetap saja ujung-ujungnya mahal meski berpatungan.

Kenangan berburu diskon di Lakupon. Foto merupakan dokumen pribadi.
Kenangan berburu diskon di Lakupon. Foto merupakan dokumen pribadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x