Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Enner Valencia Loyo di Liga Inggris, Jadi Legenda Ekuador di Piala Dunia

21 November 2022   03:07 Diperbarui: 21 November 2022   06:44 1066
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Selebrasi gol Enner Valencia/ foto-FIFA.com

Enner Valencia mencatatkan namanya dalam catatan rekor Piala Dunia. Kapten timnas Ekuador tersebut menjadi protagonis utama dalam pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 lewat dua gol yang dibuatnya.

Sederet rekor dibuat oleh Enner Valencia pada pertandingan Ekuador kontra tuan rumah Qatar yang berlangsung di Stadion Al-Bayt.

Saat kick off Qatar versus Ekuador, Enner Valencia satu-satunya pemain di lapangan yang memiliki pengalaman tampil di Piala Dunia. Sedangkan 21 pemain Ekuador dan Qatar lainnya jalani debut di Piala Dunia.

Striker kawakan yang berulang tahun ke-33 di tanggal 4 November lalu tersebut pernah tampil bermain tiga kali di Piala Dunia 2014, saat Ekuador tersingkir pada babak grup. Ekuador tidak lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

Enner Valencia sudah menjebol gawang Qatar ketika pertandingan baru berlangsung tiga menit. 

Namun gol dianulir oleh wasit asal Italia, Daniele Orsato, setelah tayangan ulang VAR. Salah satu pemain Ekuador lainnya terlebih dulu off side sebelum terjadinya gol.

Tak menunggu waktu lama hingga akhirnya Enner Valencia secara resmi membuat sejarah sebagai pencetak gol pertama Piala Dunia 2022.

Memasuki menit ke-15, Enner yang melakukan akselerasi di kotak penalti Qatar dilanggar oleh kiper Sa'ad Al Sheeb. Wasit menunjuk titik putih dan mencabut kartu kuning. 

Kiper timnas Qatar itu pun akhirnya tercatat sebagai pemain pertama yang diganjar kartu kuning di Piala Dunia 2022. Enner Valencia lalu mengambil tendangan penalti, dan sukses mengecoh Al Sheeb.

Momen terjadinya gol pertama Piala Dunia 2022/foto-FIFA.com
Momen terjadinya gol pertama Piala Dunia 2022/foto-FIFA.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun