Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Klub Italia yang Semakin Terseok-seok dalam Persaingan di Liga Champions

17 Maret 2022   19:15 Diperbarui: 17 Maret 2022   19:20 564
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Juventus dipermalukan Villarreal di babak 16 besar Liga Champions/foto:UEFA.com

Klub-klub Italia begitu kuat pada era 1980an hingga pengujung 2000an, sehingga bisa silih berganti menjadi juara di kompetisi Eropa. 

Inter Milan, Juventus, Parma, dan Napoli bergantian sukses juara di ajang Liga Europa (dulu bernama Piala UEFA) di era 1980an hingga 1990an. Fiorentina, AS Roma, Torino, dan Lazio menjadi runner-up Piala UEFA pada era yang sama. 

Di ajang Piala Winners Eropa yang kini sudah tak ada, Juventus, Sampdoria, Parma, dan Lazio sempat menjadi juara pada era 1980an dan 1990an.

Juventus dan AC Milan juga sangat perkasa bergantian juara di Liga Champions pada era tersebut. 

Kisah sukses Inter Milan menjadi juara Liga Champions di musim 2009-2010 menjadi penutup masa kejayaan klub-klub Italia di kompetisi Eropa. 

Setelahnya klub Italia tak mampu bersaing untuk meraih juara di Liga Champions. Bahkan sangat kesulitan untuk sekadar lolos ke babak semifinal. 

AS Roma wakil Italia terakhir yang menembus semifinal Liga Champions di musim 2017-18 .

Jebloknya Prestasi Klub Italia di Liga Champions Musim 2021-2022 

Kiprah klub Italia di Liga Champions musim ini sangat jeblok. Inter Milan dan Juventus tersingkir di babak 16 besar. Sedangkan AC Milan dan Atalanta tersisih di fase grup. 

Tersingkirnya Inter Milan di babak 16 besar masih dapat dimaklumi, karena lawan yang dihadapi adalah klub kuat Liverpool yang sudah 6 kali juara Liga Champions.

Tapi, kegagalan Juventus melewati babak 16 besar terbilang memalukan buat ukuran klub yang sudah 9 kali tembus final Liga Champions. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun