Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Invasi Rusia ke Ukraina yang Berdampak Besar ke Dunia Olahraga

26 Februari 2022   20:01 Diperbarui: 28 Februari 2022   13:40 902
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Spanduk Stop War dibentangkan pemain sebelum laga Liga Champions, Napoli vs. Barcelona/foto: dw.com

Politik sejatinya tak boleh bercampur dengan dunia olahraga yang penuh sportifitas. Namun teori itu tidak berlaku pada peristiwa menghebohkan invasi militer Rusia ke negara Ukraina.

Serangan militer ke negara tetangga Ukraina yang dicanangkan Presiden Rusia, Vladimir Putin, sejak 24 Februari lalu, berdampak besar ke dunia olahraga.

Sejumlah pertandingan penting sepak bola mengalami pemindahan tempat, atau juga diberhentikan. Sponsor asal Rusia diboikot.

Liga Ukraina yang seharusnya mulai lagi tanggal 25 Februari usai libur panjang musim dingin, semua pertandingan dibatalkan. 

Kompetisi Liga Ukraina dihentikan tanpa batas waktu. Pemain-pemain asing yang main di Liga Ukraina kesulitan eksodus dari negara tersebut, masih tertahan di hotel dekat bandara internasional.

UEFA memindahkan tempat final Liga Champions Eropa musim ini yang seharusnya digelar di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia. Final Liga Champions dialihkan ke Stade de France, Prancis. 

Play off Piala Dunia 2022 zona Eropa yang akan berlangsung bulan Maret mendatang mengundang protes banyak pihak 

Timnas Rusia dijadwalkan sebagai tuan rumah pool B babak play-off zona Eropa. UEFA sedang merancang lokasi baru pertandingan pool B. 

Namun, keberadaan timnas Rusia diprotes oleh calon-calon lawan di pool B, yakni Polandia, Swedia, dan Republik Ceska. 

Ketua Federasi Sepak Bola Polandia, Cezary Kulesza, mengatakan bahwa timnas negaranya akan mundur jika Rusia masih tetap ikut dalam pertandingan play off Piala Dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun