Mohon tunggu...
Indah Wulandari
Indah Wulandari Mohon Tunggu... Psikolog Klinis Dewasa

Anda bukan tubuh yang mencari Cahaya, tapi Cahaya yang meminjam tubuh Manusia. Tempaan Hidup bertujuan untuk menyiapkan anda untuk berbagi Cahaya. My Instagram: @putuindah13

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Cara Mengembangkan Spiritualitas dalam Diri

20 Mei 2020   22:42 Diperbarui: 20 Mei 2020   23:52 101 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Mengembangkan Spiritualitas dalam Diri
Sumber gambar: yogiapproved.com

Spiritualitas adalah kesediaan hati melihat apapun yang terjadi dalam hidup sedang berjalan sebagaimana mestinya dan sesuai dengan porsinya. Spiritualitas merupakan kesediaan diri untuk membuka hati merasakan rasa syukur, dan damai dalam hidup. Mempercayai dan menyerahkan diri pada kekuatan yang lebih tinggi, suci, atau kekuatan yang lebih besar dari diri kita sendiri.

Spiritualitas dapat hadir melalui pengalaman hidup yang penuh kepedihan, kekhawatiran, keraguan, ketakutan dan segala perasaan negatif lainnya. Ia hadir dalam suka, duka, lara, pati (kebahagiaan, kesedihan, kesengsaraan dan kematian).

Spiritualitas adalah memahami Tuhan melalui konflik di dalam diri atau konflik dengan orang lain kemudian menemukan makna mendalam yang ingin Tuhan atau semesta sampaikan pada diri.

Bagi saya, spiritualitas juga adalah sebuah perjalanan yang membutuhkan waktu yang panjang. Perjalanan yang dilengkapi dengan batu-batu kerikil yang tajam, batu-batu besar, tumbuhan berduri dan jurang yang harus dilalui. Semua itu bertujuan untuk membentuk diri agar bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

Pada tulisan kali ini, ijinkan saya untuk berbagi lima cara yang dapat dilakukan jika seseorang ingin mengembangkan spiritualitas di dalam diri:

1. Lakukanlah Penggalian ke dalam Diri.

Penggalian ini dilakukan dengan cara bertanya pada diri kita sendiri tentang siapa diri kita? Darimana kita berasal? Apa tujuan kelahiran kita? Kemana kita akan pergi? Setelah mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, secara perlahan kita akan mengenal lebih dalam siapa diri kita sesungguhnya dan mengerti bagaimana menjalani hidup di saat ini.

2. Latih Diri dengan Latihan Meditasi dan Yoga.

Meditasi bisa kita lakukan secara rutin setiap pagi dan malam sebelum tidur. Lakukan meditasi di pagi hari sebelum kita memulai aktivitas hari itu. 

Meditasi akan membuat hati hati merasa lebih tenang dan mood lebih baik. Berlatih meditasi secara rutin dapat memudahkan kita untuk mendengarkan suara hati yang menjadi penuntun langkah kita. Sedangkan berlatih yoga berfungsi untuk menurunkan emosi negatif, meningkatkan imunitas tubuh, menjadikan tubuh sehat, dan membuat tidur lebih nyenyak.

3. Lakukan Praktik Spiritual dalam Kehidupan Sehari-hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x