Mohon tunggu...
Indah Wulandari
Indah Wulandari Mohon Tunggu... Psikolog Klinis Dewasa

Anda bukan tubuh yang mencari Cahaya, tapi Cahaya yang meminjam tubuh Manusia. Tempaan Hidup bertujuan untuk menyiapkan anda untuk berbagi Cahaya. My Instagram: @putuindah13

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

7 Manfaat Mindfulness Meditation untuk Kesehatan Mental dan Fisik

1 Mei 2020   19:10 Diperbarui: 2 Mei 2020   11:19 1521 18 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Manfaat Mindfulness Meditation untuk Kesehatan Mental dan Fisik
Ilustrasi meditasi (Sumber: Pexels.com diambil dari Kompas.com)

Kita mengenal berbagai jenis meditasi seperti meditasi transendental, zen atau chan meditation, meditasi angka, loving kindness meditation, mindfulness meditation dan masih banyak lagi. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan salah satu jenis meditasi yang sedang populer saat ini yakni mindfulness meditation.

Meditasi Mindfulness adalah meditasi yang ditemukan oleh Thich Naht Hanh kemudian dikembangkan oleh Jon Kabat-Zinn yang merupakan seorang dokter dari Universitas Massachusets. 

Meditasi ini menekankan pada membawa perhatian atau kesadaran pada saat ini. Mindfulness adalah aktivitas yang dilakukan dengan penuh kesadaran dan penuh perhatian. 

Inti dari latihan mindfulness yakni membawa kesadaran akan saat ini, hanya mengamati pikiran, sensasi fisik serta perasaan yang muncul tanpa melakukan penilaian atau membuat opini tentangnya dan hanya menerima apapun sensasi yang datang saat meditasi dilakukan.

Pada tulisan ini, saya ingin berbagi manfaat apa saja yang telah saya rasakan setelah secara rutin dengan waktu yang cukup lama berlatih mindfulness meditation. 

Latihan ini juga membantu saya dalam menyeimbangkan emosi ketika berhadapan dengan klien-klien yang saya tangani sebagai seorang psikolog.

1. Mendamaikan Hati dan Menenangkan Pikiran
Ketika berlatih meditasi mindfulness, pikiran dan perasaan kita akan berada pada mode netral. Hal ini terjadi karena, teknik meditasi ini menekankan pada kesadaran akan keluar masuknya nafas, hanya mengamati dan menerima segala sensasi fisik, pikiran, dan perasaan yang datang kemudian dibiarkan pergi tanpa adanya penghakiman atau penilaian. Hal ini membuat seseorang merasakan ketenangan, kedamaian, dan kejernihan pikiran.

2. Meningkatkan Energi Positif dalam Diri
Setelah berlatih meditasi mindfulness, pikiran dan perasaan menjadi segar kembali. Begitu juga dengan kondisi tubuh kembali fit. Tidur pun nyenyak. 

Berlatih secara rutin dapat bermanfaat mengarahkan pikiran pada hal-hal positif. Berlatih meditasi mindfulness akan membantu kita merasakan hal-hal baik dalam hidup yang kemudian menimbulkan rasa syukur. Hal ini akan membuat diri menjadi lebih bersemangat menjalani hidup dan meningkatkan keyakinan diri.

3. Pandangan terhadap Kondisi atau Masalah Menjadi Lebih Luas
Ketika dihadapkan pada masalah dalam hidup, dengan rajin berlatih mindfulness, akan membantu membuka kesadaran kita menjadi lebih luas. 

Pemahaman terhadap masalah atau peristiwa yang terjadi dapat dilihat lebih jernih dan membuat keputusan yang diambil-pun akan lebih bijaksana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x