Mohon tunggu...
Kang Galuh
Kang Galuh Mohon Tunggu... -

Senang mengamati. Mengulik-ngulik hikmah di balik peristiwa. Suka menyambungkan apa-apa yang ngga nyambung. http://kanggaluh.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sepatumu Identitasmu

5 Oktober 2017   17:42 Diperbarui: 5 Oktober 2017   17:43 549
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: pixabay.com

Lihat Sepatu, Anda Bisa Tahu Pemiliknya

Sedikit tulisan iseng dari ide aneh yang tiba-tiba muncul di kepala pada saat mau shalat di mushola kantor. Pada saat itu saya kebetulan datang terlambat di saat shalat berjamaah sudah dimulai. 

Biasa, sibuk dengan kerjaan. Tapi jangan diikutin. Ga bener. Harusnya shalat yang diutamakan. Jadi, ceritanya saat itu secara tidak sengaja tatapan saya menyapu deretan sepatu yang berjajar dengan berantakannya di depan mushola. Satu-satu saya lihat sepatu-sepatu itu. Terbersit pikiran untuk mencuri, hahaha...(bercanda). Saat menatap sepatu-sepatu itu, saya mulai bisa mengenali siapa pemiliknya dan siapa saja yang saat itu sedang sholat di dalam.

Dari situ saya kepikiran, kenapa saya bisa tahu siapa yang ada di dalam hanya dari deretan sepatu di depan mushola ya? Tanpa harus melongok ke dalam untuk melihat siapa-siapa yang sedang sholat. Ini menarik! Menurut saya sih. Tapi kayaknya tidak untuk orang lain. Bayangkan! Saya bisa tahu orang-orang di dalam tanpa harus melihat mereka!

Memang saya sering melihat sepatu-sepatu itu dipakai pemiliknya setiap hari. Makanya saya kenal. Tapi yang menarik adalah, kenapa hanya dari sepatu itu kita bisa tahu? Seolah-olah sepatu-sepatu itu mewakili pemiliknya. Sepatu itu sudah menjadi sebuah identitas untuk pemiliknya. Sepatu adalah pemilik. Dan pemilik adalah sepatu. Apaan sih? Hahaha...

Tapi itu benar. Saya yakin anda pasti juga pernah merasakannya. Tahu siapa orang di dalam suatu ruangan hanya dari sepatu atau sandalnya yang ada di luar ruangan.

Buat Apa Kenal Sepatu?

Ini pertanyaannya. Buat apa kalau tahu? Apa gunanya? Apa hebatnya?

Hmm... Ada banyak sebenarnya. Yang serius, kita bisa mengenali korban kecelakaan atau apapun dari sepatunya. Dari orang yang pernah melihat sepatu tersebut dikenakan pemiliknya. Dari temannya, kerabatnya, atau keluarganya. Berarti berguna kan? Kita bisa mengidentifikasi korban hanya dari sepatunya.

Atau, bisa juga kalau kita lagi cari-cari orang, kita bisa tahu apakah orang yang sedang kita cari itu ada di dalam atau tidak. Tanpa harus repot-repot masuk dan ikut-ikut buka sepatu! Lumayan kan gaperlu repot-repot.

Atau, ini yang paling menarik, pada saat kita menghindari si bos yang lagi mencari-cari kita. Saat kita lihat sepatunya ada di depan ruangan, kita bisa langsung kabur tanpa ketahuan! Hebat kan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun