Mohon tunggu...
Cathrine GabrielaBakkara
Cathrine GabrielaBakkara Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

Mahasiswa Teknik Lingkungan ITS Angkatan 2018

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Keindahan Pantai Eksotis di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat

17 Oktober 2021   21:48 Diperbarui: 17 Oktober 2021   22:01 134 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kabupaten Bengkayang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di bagian timur laut Provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten yang memiliki tujuh belas kecamatan ini memiliki lokasi yang strategis karena pada bagian utaranya berbatasan langsung dengan Serawak Malaysia sehingga kabupaten ini sering dilintasi masyarakat. 

Tidak hanya lokasinya yang strategis, sebagain besar wilayahnya berupa dataran tinggi yang dikelilingi oleh perbukitan membuat kabupaten ini memiliki suhu udara relatif sejuk. 

Selain perbukitan, Kabupaten Bengkayang memiliki berbagai macam pulau indah serta pantai yang masih belum banyak didatangi masyarakat. Salah satunya ialah Pantai Gosong.


Untuk mendatangi pantai yang terletak di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat ini, memerluhkan waktu tempuh sekitar tiga jam dari Kota Pontianak atau sekitar satu jam dari Kota Singkawang apabila menggunakan mobil. Pantai ini tidak terletak di tepi jalan, sehingga untuk mengaksesnya perlu melewati pemukiman penduduk terlebih dahulu. Setelah melewati pemukiman penduduk, kita akan disajikan jajaran pohon kelapa yang rindang dan memanjakan mata. Pemandangan hutan yang asri membuat lima belas menit perjalanan dari pemukiman warga menuju Pantai Gosong tidak terasa lama.

dokpri
dokpri
Pohon Kelapa di sekitar Pantai Gosong. Dokumentasi Pribadi.

 Pantai ini dinamakan Pantai Gosong dikarenakan beberapa tahun yang lalu terjadi kebakaran besar yang membuat hutan dan perkebunan disekitar pantai menghitam karena menjadi arang. Tetapi ada juga yang menganggap penamaan Pantai Gosong karena hamparan lumpur yang memenuhi tepi pantai.

dokpri
dokpri
Tepi Pantai Gosong. Dokumentasi Pribadi.

Letaknya yang berada dekat dengan muara sungai membuat air laut di Pantai Gosong menjadi keruh dan berwarna abu pekat karena tercampur oleh lumpur yang ada. Setiap tahun, Pantai Gosong mengalami abrasi pantai, hal ini terlihat dari lumpur yang semakin lama semakin dekat dengan hutan sekitar pantai. 

Untuk mengatasi masalah tersebut. Masyarakat sekitar bekerja sama dengan pecinta lingkungan, karang taruna hingga pramuka yang ada untuk menanam mangrove di tepian pantai guna menahan abrasi yang terjadi. Tindakan tersebut sangat membantu sehingga ekosistem pantai tidak semakin rusak dan dapat terjaga.

Meskipun tidak bisa berenang di pantai ini, pemandangan yang indah serta kondisi yang asri membuat pantai ini menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur bersama keluarga. Saat surut, pendatang dapat berjalan di atas lumpur untuk menyusuri tepian pantai. Hal ini menjadi salah satu kelebihan pantai ini, karena dipantai lain kamu hanya dapat menyusuri pasir pantai biasa saja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan