Mohon tunggu...
Tian Lustiana
Tian Lustiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - blogger

Lifestyle & parenting blogger

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Dampak Perceraian Orangtua Terhadap Anak

18 November 2022   09:25 Diperbarui: 18 November 2022   09:40 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Menikah, punya anak. Its a dreams untuk semua orang, betul? 

Harapan semua orang memiliki keluarga yang baik, sehat dan langgeng sampai memiliki cucu. Namun tidak semua harapan menjadi kenyataan, kadang kita hanya perlu ikhlas menjalaninya. Mungkin di tengah jalan ada badai yang menyebabkan perceraian

PERCERAIAN. Memang bukanlah satu - satu nya jalan pamungkas yang bisa dipilih. Mungkin saja mereka yang bercerai sudah melakukan banyak hal untuk berdamai dan mengembalikan keharmonisan keluarganya namun tetap saja tidak bisa terselamatkan dan memilih untuk bercerai. 

Pasangan yang bercerai tentu saja terluka, tersakiti. Namun ada yang lebih tersakiti dan terluka. Perceraian juga memberikan luka dan trauma pada hati anak, yang mungkin saja bisa anak bawa terus hingga ia dewasa, we never know

Dampak perceraian orang tua pada anak itu memang tidak sama, tidak semua anak mengalaminya. Dan juga tergantung pada usia berapa terjadi perceraian itu. Mungkin jika anak masih balita, tidak terlalu berpengaruh pada perkembangan mental anak. Tapi jika perceraian terjadi ketika anak sudah usia sekolah, anak sudah paham dan bisa amati situasi dan menyadari orang tuanya sudah tidak bersama - sama lagi. 

Duh, kasian ya anaknya. Pasti banyak yang bilang seperti itu pada mereka yang bercerai. 

Parents, sebelum kalian memutuskan untuk bercerai, coba pikirkan baik - baik efek perceraian pada anak yang mungkin saja terjadi namun tidak disadari orang tua. 

STRESS, CEMAS & TRAUMA PADA ANAK 

Anak akan alami trauma yang cukup dalam karena perceraian ini, apalagi jika anak sudah cukup matang usianya, jadi anak sudah bisa mengamati situasi yang sedang terjadi pada kedua orangtua. Anak akan merasa terabaikan, merasa tidak dicintai dan akan ada kecemasan yang berlebihan. Mungkin akan ada efek psikologis lainnya yang akan terjadi dalam waktu lama. 

PENGARUH TERHADAP PRESTASI BELAJAR 

Ada penelitian yang buktikan bahwa anak korban perceraian ini cenderung memiliki masalah dalam perilaku dan ini mempengaruhi fokus belajar anak. Misal, jika sebelumnya anak prestasinya bagus di Sekolah ketika orangtuanya berpisah ia akan kehilangan motivasi belajar dan prestasinya pun menurun. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun