Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Bhinneka Tunggal Ika

Catatan samhudibhai

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Antisipasi Banjir, PPSU dan SSDA Sudin Jakut Renovasi Saluran Air

16 Oktober 2020   07:41 Diperbarui: 16 Oktober 2020   07:56 28 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Antisipasi Banjir, PPSU dan SSDA Sudin Jakut Renovasi Saluran Air
Suku Dinas Kebersihan Jakarta Utara 15/10/2020 | dokpri

Jakarta- DKI Jakarta selalu rawan banjir khususnnya untuk Wilayah Kampung Mangga, terletak di jalan Plumpang-Semper- Koja Jakarta Utara. 

Banjir sudah menjadi langganan bagi kampung ini. Bukan hanya di Daerah ini saja bahkan bisa dibilang seluruh DKI Jakarta banjir. Akibat curah hujan yang tinggi juga menjadi penentu utama dari pada sebab musababnya banjir, yakni Saluran Air yang mampet akibat sampah atau lumpur yang mengendap.

Adalah Robin Pekerja Dari Suku Dinas PPSU (Penanganan Prasana dan Sarana Umum) Wilayah Koja-Jakarta Utara yang pada pagi hari ini sekitar pukul 09.00 Wib beserta seluruh pekerja PPSU lainnya dengan dibantu oleh anggota yang sama dari Sudin Kebersihan khusus menangani saluran air, yakni SSDA (Sudin Sumber Daya Air) Jakarta-Utara, pada hari kamis, 15/10/2020.

Robin (petugas PPSU Jakut) | dokpri
Robin (petugas PPSU Jakut) | dokpri
Dua pasukan kebersihan dari Sudin jakut Kecamatan Koja tersebut pada hari ini telah menggelar aksi sosial dengan mengadakan renovasi total pada saluran air yang terletak di jalan raya Plumpang-Semper Jakarta Utara.

Sepanjang jalan utama Kampung Mangga Jakarta Utara ini nyaris bersih seketika. Dua sisi saluran air (Got) kanan dan kiru telah direnovasi total, mereka bongkar tutup saluran air tersebut yang kemudian dikeruk sampah-sampah baik lumpur maupun yang menyumbat pada dua sisi got tersebut.

Suku Dinas Kebersihan Jakarta Utara
Suku Dinas Kebersihan Jakarta Utara

Wilayah Kampung Mangga memang Saya akui sejak dulu hingga kini apa bila curah hujan naik maka rawan dari banjir, rumah-rumah warga sekitar hampir semua kebanjiran sebab datarannya rendah, kecuali rumah bertingkat yang aman dari banjir. Jika hujan besar semua rumah warga tenggelam minimal satu lutut dalamnya air, bahkan di jalan utama ini juga tak lepas dari banjir dan tentu menjadi hambatan tersendiri bagi sebagian pekerja.

"Tidak ada acara apa-apa bang, ini hanya sekedar untuk mengantisipasi turunnya hujan yang dikit-dikit banjir dikit-dikut banjir, kan abang tahu sendiri wilayah ini, kena hujan gede dikit aja langsung deh banjir.."  kata Robin petugas PPSU tersebut, ketika Saya tanya dalam rangka apa kok bersih-bersih sampai dua kubu diterjunkan.

Penanganan Prasana dan Sarana Umum (PPSU) Jakarta Utara | dokpri
Penanganan Prasana dan Sarana Umum (PPSU) Jakarta Utara | dokpri
"Kenapa tidak dikerjakan dari kemarin bang, kan hujan udah mulai turun dan dua hari yang lalu juga jakut sudah hujan.." tanya Saya ke Robin.

"Kan dari sononya bang, nunggu dari petugas yang kecamatan koja dan dari kelurah tugu selatan memang sudah ada rencana sejak minggu kemarin tapi karena petugas SSDA (Sudin Sumber Daya Air) ada tugas lain di luar sana jadi baru hari ini dikerjakan, sebab kalau tidak kerja sama dengan SSDA pasukan PPSU kita kewalahan bang.." timpal robin.

Para pasukan kebersihan terlihat dengan semangat gotong royongnya bahu membahu mengerjakan dua saluran air di kiri kanan jalan utama Kampung Mangga. Mereka terlihat sangat cekatan dalam bekerja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN