Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Bhinneka Tunggal Ika

Catatan samhudibhai

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Bisnis Ikan Mas Koki di Masa Pandemi, Siapa Takut

15 Oktober 2020   11:29 Diperbarui: 15 Oktober 2020   11:43 175 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bisnis Ikan Mas Koki di Masa Pandemi, Siapa Takut
Ikan mas koki | dokpri

Hidup di jakarta ngontrak yang harus tetap bayar di setiap bulannya tidak boleh ngutang apa lagi tempo. Kerja di pabrik kena PHK terpaksa harus nganggur. Sudah malang melintang mondar mandir mencari pekerjaan baru namun hasilnya nihil. Penghasilan tidak ada pengeluaran tetap ada, bagaimana dan dari mana untuk tetap memenuhi tuntutan hidup?

Duduk di samping tembok dengan bangku atum selintas mata meliri ke aqurium. Dua ekor ikan mas koki yang menjadi hobi Saya sejak dulu sedang mondar mandir di bawah terpaan air pancuran sanyo kecil. Seketika ingat kata temen yang konon bisnis ikan termasuk jenis ikan mas koki sedang ramai dibicarakan. Sebab hasilnya waow bisa jutaan rupiah sekali jual.

Akan tetapi apakah mungkin bisnis ikan ini berjalan sedang sikon masih Pandemi? Kata hati Saya mengatakan demikian. Tidak ada salahnya mencoba mumpung sudah ada didepan mata siapa tau nasib orang bisa beda.

Antara ragu dan bimbang bercampur aduk menjadi satu namun semua aku tepis. Aku ikuti saran dari teman dan mulailah aku dengan bisnis ikan.

Ikan ini menjadi pelepas penat | dokpri
Ikan ini menjadi pelepas penat | dokpri

Bisnis ikan di masa Pandemi memang menjadi pilihan satu-satunya bagi siapa saja yang mau menjalaninnya sebab hal ini bisa menjadi jalan alternatif bagi sebagian orang untuk tetap eksis dalam hidup sehingga dengan bisnis ikan ini harapannya perekonomian dalam keluarga akan terus berputar.

Bicara bisnis seperti pepatah mengatakan banyak jalan menuju roma. Artinya bisnis ini dapat berupa apa saja yang menjadi bahannya bukan hanya terfokus pada bisnis ikan hias saja. 

Namun bagi sebagian orang yang mungkin di saat seperti sekarang ini yang mana banyak sekali terkena dampak covid-19 dan yang memilih kerja di rumah dari pada di kantor karena memang pandemi, bisnis ikan hias ini adalah alternatifnya. Bagi yang mau tidak harus yang punya orang tidak punya pun dapat menjali bisnis ikan ini.

Saya tiap kali duduk santai-santai tak lupa melirik ikan hias yang terpajang di pojok rumah, rasanya tenang setenang ikan mas koi yang sedang bersantap ria dengan pakan merk taraki.

Indah dan sedap dipandang mata | dokpri
Indah dan sedap dipandang mata | dokpri

Dengan aquarium ukuran kecil persegi panjang berisi dua ikan hias yang berwarna oranye agak kemerah-merahan ikan ini memang menyejukkan bagi siapa saja yang memandangnya. Apalagi jika sudah hobi, maka akan susah beranjak dari bangku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN