Mohon tunggu...
Casmudi
Casmudi Mohon Tunggu... Pernah mengenyam Pendidikan Administrasi Publik.

Gemar menulis dan berbagi informasi. Seorang Lifestyle & Travel Blogger. Trip Advisor : https://www.tripadvisor.com/members/casmudib Silahkan mampir di blog saya: http://www.casmudiberbagi.com/

Selanjutnya

Tutup

Sehatdangaya Pilihan

7 Tips "Zaman Now" agar Badan Tetap Fit dan Bugar Saat Berpuasa

7 Mei 2019   03:38 Diperbarui: 7 Mei 2019   05:32 0 1 1 Mohon Tunggu...
7 Tips "Zaman Now" agar Badan Tetap Fit dan Bugar Saat Berpuasa
Tampilan segar selalu mengundang selera, sama halnya denganorang yang  berpuasa (Sumber: dokumen pribadi)

Menurut penelitian ilmu kedokteran baik dalam dan luar negeri, puasa mampu membuat badan lebih sehat. Hal ini dikarenakan lambung mengalami masa istirahat untuk bekerja keras. Kinerja lambung lebih santai dari biasanya.

Tetapi, kondisi lambung yang kosong berpengaruh terhadap kondisi tubuh. Tanpa asupan makanan, maka otot-otot lambung bekerja tidak seperti biasanya. Perut yang kososng kerap menimbulkan perut sakit. Oleh karena itu, perlu adanya antisipasi agar kinerja lambung dan organ tubuh lainnya tetap bekerja maksimal.

Kurang lebih 15 jam tanpa asupan air dan makanan, kondisi tubuh dipaksa untuk bekerja seperti biasanya. Tentu, membutuhkan strategi agar kondisi tubuh tetap fit atau bugar selama menjalankan puasa. Beberapa tips ala "Jaman Now" yang bisa menjadi masukan agar ibadah puasa anda tetap menyenangkan.

1. Utamakan Sahur
Sahur merupakan salah satu rangkaian ibadah puasa yang dianjurkan untuk dilakukan. Meskipun, tidak diwajibkan tetapi sahur adalah rahmat bagi orang yang sedang berpuasa. Bahkan, para malaikat selalu bersama dengan hamba-NYA yang sedang melakukan santap sahur.

Namun, hal yang diperlu diperhatikan adalah waktu sahur yang perlu dilakukan bagi pelaku ibadah puasa. Sebaiknya, sahur dilakukan mendekati waktu imsak. Kurang lebih setengah jam sebelum waktu imsak tiba.

Sahur juga menjadi bekal bagi pelaku ibadah puasa dalam melakukan berbagai aktifitas. Sahur sangat diutamakan agar melaksanakan ibadah puasa tetap kuat. Saya pribadi beberapa kali meninggalkan waktu sahur karena kesiangan. Badan terasa lemas dan letih. Melakukan aktifitas pun sangat memberatkan.  

Sahur adalah rahmat bagi orang yang menjalankan ibadah puasa(Sumber: dokumen pribadi)
Sahur adalah rahmat bagi orang yang menjalankan ibadah puasa(Sumber: dokumen pribadi)
2. Konsumsi Sayuran
Banyak menu yang bisa anda hidangkan saat sahur atau berbuka puasa. Seringkali, puasa membuat siapapun gelap mata. Keinginan yang ditahan selama berpuasa menjadi sebuah ajang balas dendam. Banyak yang melupakan bahwa seharian berpuasa membutuhkan energi kembali yang cocok untuk tubuh. Dan, menu makanan perlu diperhatikan.  

Saat berbuka puasa disarankan mengkonsumsi makanan yang manis. Sedangkan, saat sahur sangat disarankan mengkonsumsi sayuran. Sayuran sangat baik untuk kebugaran tubuh. Apalagi, sayuran hijau yang mempunyai kandungan air tinggi bermanfaat untuk ketahanan tubuh selama berpuasa.  

Sayuran sangat dibutuhkan tubuh terutama orang yang seddang berpuasa(Sumber: dokumen pribadi)
Sayuran sangat dibutuhkan tubuh terutama orang yang seddang berpuasa(Sumber: dokumen pribadi)
3. Hindari Makanan Pedas yang Berlebihan
Makanan pedas sungguh menggiurkan. Apalagi, bagi lidah orang Indonesia. Tidak sedap rasanya jika tidak mengkonsumsi makanan pedas. Boleh mengkonsumsi makanan pedas seperti samba tetapi secukupnya saja. 

Terllalu berlebihan mengkonsumsi sambal membuat perut anda terasa panas.

Juga, mengkonsumsi sambal berlebihan saat berbuka puasa bisa merusak suasana. Sakit perut bisa anda alami jika tidak kuat terhadap pedasnya sambal. Rasa mulas perut dan ingin buang air besar akan anda rasakan.

Pedas bisa anda nikmati saat sahur atau berbuka puasa. Tetapi, faktor  berlebihan akan berpengaruh terhadap kondisi badan anda. Terlalu sering buang air besar berdampak pada kondisi tubuh.  

Ketika berpuasa, jangan berlebihan saat menikmati makanan pedas(Sumber: dokumen pribadi)
Ketika berpuasa, jangan berlebihan saat menikmati makanan pedas(Sumber: dokumen pribadi)
4. Buah-buahan Bikin Sehat
Agar ibadah puasa anda tetap sehat maka mengkonsumi buah-buahan tidak boleh dilupakan. Kandungan vitamin yang ada pada buah-buahan memberikan rasa bugar pada tubuh. Buah-buahan yang banyak mengandung air sangat berharga bagi kondisi tubuh.

Mengkonsumsi buah-buahan seperti apel dan pisang bisa menambah energi selama berpuasa. Buah kurma sangat direkomendasikan saat berbuka puasa. Kandungan manisnya bisa menambah tenaga. Juga, bisa meredam kandungan asam dalam lambung secara berlebihan. Keampuhan buah kurma sudah teruji sejak masa Rasulullah SAW.  

Pisang, salah satu buah-buahan yang kaya manfaat(Sumber: dokumen pribadi)
Pisang, salah satu buah-buahan yang kaya manfaat(Sumber: dokumen pribadi)
5. Minum Air Putih yang Cukup
Selama ibadah puasa, setiap orang bisa mengalami kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan. Mengkonsumsi air putih yang cukup bisa mencegah dehidrasi berlebihan. Air minum yang mengandung mineral tinggi sangat direkomendasikan seperti yang mengandung oksigen (O2).

Hindari konsumsi kopi yang berlebihan saat makan sahur. Meskipun, ada sugesti dalam masyarakat bahwa mengkonsumsi kopi bisa tahan untuk makan. Tetapi, dampaknya sangat berarti terhadap kondisi lambung dan ginjal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2