Mohon tunggu...
Casmudi
Casmudi Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Seorang bapak dengan satu anak remaja.

Travel and Lifestyle Blogger I Kompasianer Bali I Danone Blogger Academy 3 I Finalis Bisnis Indonesia Writing Contest 2015 dan 2019 I Netizen MPR 2018

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Kenapa Karcis Kereta Api Mesti Habis?

30 September 2017   14:51 Diperbarui: 1 Oktober 2017   09:13 5761
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Reservasi kereta api secara online (Sumber: merdeka.com/17/4/15)

PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Persero merupakan salah satu perusahaan BUMN atau plat merah yang banyak mengalami perubahan. Dahulu, kereta api yang memberi kesan kumuh, banyak pedagang asongan, dan penumpang berjubel bak ikan pindang berganti dengan ruangan berAC dan aman dari pedagang asongan.

Ini adalah sebuah prestasi yang menggembirakan. Karena, kini kereta api menjadi sarana transportasi andalan masyarakat Indonesia khususnya saat mudik Hari Raya Idul Fitri atau musim liburan Hari Raya lainnya.

Mengimbangi perkembangan dunia digital yang kian massif, di mana segala informasi bisa diakses dengan perangkat gadget dalam sentuhan jari (touchscreen) maka cara calon penumpang untuk memperoleh karcis kereta api pun mulai berubah. Pembelian karcis kereta api secara online dan bisa diakses dari mana saja makin mempermudah calon penumpang kereta api. Ya, penumpang kereta api mulai dimanjakan dalam memperoleh pelayanan kereta api.

Karcis Habis

Namun, di balik mudahnya calon penumpang kereta api mendapatkan karcis secara online, justru ada masalah yang belum bisa diatasi dengan baik oleh manajemen PT KAI. Dengan kata lain, PT. KAI belum mampu melayani semua penumpang yang benar-benar ingin membutuhkannya. 

Padahal, menurut Undang-undang No. 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian Pasal 133 ayat (1) butir (c) menyatakan, "menjaga kelangsungan pelayanan pada lintas yang ditetapkan" memberikan pemahaman bahwa PT KAI harus mampu membawa penumpang yang ingin memanfaatkan jasanya pada lintas yang diinginkan.

Antrian calon penumpang kereta api saat akan melakukan transaksi pembayaran pemesanan tiket di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, 1 April 2016 (Sumber: Tempo/25/3/17)
Antrian calon penumpang kereta api saat akan melakukan transaksi pembayaran pemesanan tiket di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, 1 April 2016 (Sumber: Tempo/25/3/17)
Kenyataannya, pada saat-saat yang dibutuhkan seperti saat mudik Lebaran, banyak calon penumpang yang harus gigit jari karena tidak mendapatkan karcis. Dan, manajemen PT KAI selalu menegaskan bahwa jumlah penumpang yang melonjak tinggi tidak mampu diatasi dengan baik oleh web server.

Bahkan, dalam kondisi sangat dibutuhkan web PT KAI justru tidak mampu diakses, bahkan informasi yang tampil online adalah karcis telah habis terjual.

Web PT KAI (Sumber: keretapi.co.id)
Web PT KAI (Sumber: keretapi.co.id)
Bagaimana, proses pembelian karcis saat hari-hari biasa? Sebagai pembanding dengan peristiwa mudik Lebaran, saya mencoba mengakses reservasi karcis di web PT KAI pada tanggal 29 September 2017 kemarin. 

Saya berniat untuk membeli karcis kereta api dari stasiun Gubeng Surabaya dengan tujuan stasiun Senen Jakarta. Tiket untuk keberangkatan tanggal 20 Oktober 2017 yang masih 3 minggu lagi menunjukan hasil bahwa karcis kereta api  Jayabaya (143) dan Jayakarta Premium (10067) telah terjual habis. Dan, saya berniat untuk membeli karcis kereta api Jayabaya (143) tersebut hanya bisa gigit jari.

Kondisi karcis kereta api dari stasiun Gubeng Surabaya tujuan stasiun Pasar Senen Jakarta untuk keberangkatan tanggal 20 September 2017 (Sumber: keretaapi.co.id/screenshoot)
Kondisi karcis kereta api dari stasiun Gubeng Surabaya tujuan stasiun Pasar Senen Jakarta untuk keberangkatan tanggal 20 September 2017 (Sumber: keretaapi.co.id/screenshoot)
Selanjutnya, saya mencoba lagi untuk mengakses web PT KAI untuk keberangkatan dari stasiun Pasar Turi Surabaya dan  tujuan stasiun Pasar Senen Jakarta untuk keberangkatan tanggal 20 Oktober 2017 menunjukan hasil karcis penumpang kereta api Jayabaya (143),  Gumarang (77) bisnis, dan Kertajaya (177) ekonomi telah habis terjual. Dan, dari tampilan ini saya berencana membeli tiket Kertajaya (177) ekonomi.

Namun, lagi-lagi saya harus menahan kekecewaan. Pantas saja, jika saat mudik Lebaran tiba banyak calon penumpang yang tidak bisa mendapatkan karcis akhirnya mencari sarana transportasi lain seperti bus umum, pesawat terbang atau kendaraan pribadi.

Kondisi karcis kereta api dari stasiun Pasar Turi Surabaya tujuan stasiun Pasar Senen Jakarta untuk keberangkatan tanggal 20 September 2017 (Sumber: keretaapi.co.id/screenshoot)
Kondisi karcis kereta api dari stasiun Pasar Turi Surabaya tujuan stasiun Pasar Senen Jakarta untuk keberangkatan tanggal 20 September 2017 (Sumber: keretaapi.co.id/screenshoot)
Transportasi Massal

Ketidakmampuan sarana transportasi kereta api untuk mengangkut semua calon penumpang adalah Pekerjaan Rumah (PR) besar manajemen PT KAI. Niat mulia kereta api untuk meredam masyarakat Indonesia akan ketergantungan kendaraan pribadi perlu dievaluasi lagi. Apalagi, tekad kuat PT KAI untuk bisa memberangkatkan penumpang kereta api kurang lebih satu juta penumpang setiap harinya  perlu diapresiasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun