Mohon tunggu...
Carolus Nova Putra Tanaya
Carolus Nova Putra Tanaya Mohon Tunggu... Student

Soegijapranata Catholic University Semarang @carolusnpt

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Kebangkitan Bisnis Frozen Food di Masa Pandemi

28 Oktober 2020   21:18 Diperbarui: 28 Oktober 2020   21:25 68 4 0 Mohon Tunggu...

Tidak ada satupun manusia yang tau apa yang akan terjadi dalam hidupnya di satu detik,satu menit,satu jam, hingga satu tahun didepannya nanti. Manusia hanya bisa berencana dan menyusun setiap agenda yang akan ia laksanakan sebagai perwujudan suatu cita-cita yang sudah diinginkan sejak lama.

Memang, berhasil atau tidaknya dari suatu rencana itu tetap bisa dirancang dengan baik adanya, namun manusia tetap harus ingat pula bahwa hidup di dunia sudah ada yang mengatur dan terkadang tak sesuai dengan ekspektasi yang diingankan.

Hal itu benar-benar terlihat pada tahun ini. Ya,benar, tahun 2020. Tahun dengan angka yang amat cantik dan penuh akan pesona. Akan tetapi, seketika indahnya angka pada tahun ini tertutup oleh suatu hal yang sebelumnya tak pernah diduga oleh setiap insan manusia yang hidup di dunia ini. Ya, pandemi-lah yang menjadi "aktor" dibalik tertutupnya suatu kegemerlapan ditahun ini.

Pandemi memang mengubah segalanya ditahun ini. Pandemi juga tak mengenal status,jabatan,hingga tingkat perekonomian setiap insan manusia yang ada di Bumi ini. 

Pandemi juga tak sungkan untuk menyerang siapapun, tanpa melihat agama,ras,suku bangsa,hingga batas negara. Bila hanya dilihat dengan mata yang terbuka, memang hal ini akan sulit dimengerti. 

Mengapa pandemic ini tiba-tiba hadir? Bagaimana untuk kembali ke masa normal seperti dahulu? Dan Siapa saja yang perlu bertanggungjawab akan hal ini? tentu pertanyaan-pertanyaan itulah yang akan terus muncul dalam setiap benak manusia di masa-masa sulit ini.

Namun,apabila dilihat dari sudut pandang yang lebih baik, hadirnya pandemi ini dapat dianggap sebagai suatu tantangan yang harus dilewati oleh setiap manusia. 

Tidak hanya 1 hingga 2 sektor kehidupan saja yang harus melewati tantangan-tantangan tersebut, namun semua sektor pun dituntut untuk mampu melewati ini semua dengan segala macam cara positif yang memiliki suatu dampak baik nan produktif. 

Selain sektor kesehatan, tentu sektor perekonomian-lah yang perlu menghadapi tantangan pandemic ini dengan sungguh-sungguh dan memerlukan suatu cara yang inovatif. 

Mengingat banyaknya perusahaan yang mengalami kerugian besar saat pandemi ini, tentu berpengaruh pula pada jumlah tenaga kerja yang perlu dikurangi untuk menekan pengeluaran dari perusahaan tersebut. 

Dari situlah, saat ini banyak sekali masyarakat yang mulai beralih menjadi seorang wirausaha dan mencoba membuka UMKM,agar tetap bisa bertahan hidup dan eksis di masa-masa sulit ini. Salah satu bisnis yang paling banyak diminati ialah frozen food.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x