Mohon tunggu...
Carlos
Carlos Mohon Tunggu... Lainnya - test

test

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Menjaga Lingkungan dengan Hati Tanpa Mata Tertutup

28 Oktober 2021   19:16 Diperbarui: 28 Oktober 2021   19:42 60 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Halo semua nya, bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu yaa..

Kali ini aku mau memberikan opini ku terkait lingkungan nihh

Siapa sih yang tidak mengetahui arti dari  lingkungan? Nah buat kalian yang tidak mengetahui atau bahkan bingung apa itu lingkungan, akan saya beritahu menurut versi saya nih. Jadi yang dimaksud dengan lingkungan itu adalah suatu keadaan atau bisa juga disebut dengan tempat yang memiliki sumber-sumber daya alam. Nah kalian tau kan apa  itu sumber-sumber daya alam? Nah jadi sumber daya alam itu mecakup beberapa hal, seperti contohnya tanah, surya maupun mineral.

Nah dari apa yang kita bahas diatas sudah ada gambaran kan tentang lingkungan ini? Selanjutnya kita akan ngebahas topik nih, yaitu menjaga lingkungan kita Bersama. Nah ada yang tau kenapa kita harus menjaga lingkungan kita? Nah jadi sebenarnya menjaga lingkungan itu penting yaa kawan-kawan, jangan sampai kawan-kawan hobi nya merusak lingkungan, bahaya nihh.

Nah mau tau kenapa bahaya? Jadi bila kita tidak menjaga lingkungan kita yang kita tinggali ini itu bisa membuat lingkungan rusak, wah bisa dibayangin yaa kalau lingkungan kita rusak, bayangin aja kalau kita suka merusak lingkungan, dampaknya bisa merugikan diri kita sendiri lhoo.

Contoh nya saja bila kita suka buang sampah sembarangan ke sungai padahal sampah sudah sepatutnya dibuang ke tempat pembuangan sampah, akibatnya sungai akan jadi tercemar oleh sampah yang dibuang oleh manusia, sehingga ikan-ikan atau mahkluk hidup dalam air pun bisa mati karena sampah tersebut dan bahkan sungai itu tidak bersih seperti awal lagi. Dan dampak nya juga sampai lho ke manusia, yaitu manusia tidak bisa memanfaatkan air bersih lagi dari sungai untuk keperluan-keperluan.

Wahh mengerikan yaa, selain itu dengan merusak lingkungan kita juga bisa menggangu  kehidupan para hewan-hewan di darat juga lhoo, seperti contoh nya kita, seperti missal nya kita membiarkan para  penebang pohon liar terus melakukan tindakannya yang merugikan itu, pasti nanti nya para rumah-rumah burung yang berada diatas pohon akan terganggu dan juga rumah para hewan di dalam hutan itu juga pasti terusik dan terpaksa untuk meencari kediaman yang baru lagi. Wah kan kasihan sekali yaa kalau begitu.

Selain itu juga para tumbuhan yang biasa untuk kita konsumsi bisa punah juga karena orang orang yang membuang bahan bahaya/bahan kimia sembarangan di bawah tanah tempat pohon berdiri, bayangin saja kawan-kawan, para pohon menyerap cairan yang ada di dekat mereka, dan bila orang-orang membuang zat kimia/beracun disana, pohon yang menyerap itu pasti akan mati.

Nahh gimanaa nih kawan-kawan, sudah tau kann yaa akibat kalau kita terus merusak lingkungan kita? Dan bila kita terus melakukannya maka lama kelamaan bisa membahayakan diri kita sendiri,Maka dari itu kita harus menjaga lingkungan kita dengan sebaik mungkin nihh.

Nah bila kawan-kawan sekalian ingin ikut melestarikan lingkungan tapi bingung ingin mulai dari mana, aku saranin dimulai dari lingkungan yang dekat terdahulu nihh kawan-kawan, bisa dari lingkungan rumah, atau bahkan sekolah nih kawan-kawan. Di lingkungan rumah pasti ada parit-parit, nah kalian bisa cek itu ada sampah atau tidak, dan jangan kawan-kawan sekalian membuang sampah ke parit tersebut sekalipun hanya sampah kecil. Dan ada baiknya bila kalian melihat sampah  yang di jalan, kutip lah dan buang ke tempat yang seharus nya.

Karena bila parit penuh sampah, maka bila curah hujan yang cukup tinggi turun makah parit tersebut tidak bisa mengalirkan air ke sungai dan akhirnya tersumbat lah parit itu dan terjadi banjir. Kawan-kawan sekalian tidak ingin kan rumah sampai kebanjiran? Maka dari itu sebenarnya untuk melestarikan lingkungan bisa dari lingkungan sekitar rumah dulu nih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan