Mohon tunggu...
Hewan Peliharaan (ACS)
Hewan Peliharaan (ACS) Mohon Tunggu... ojol

Tukang ojek online dan penulis recehan https://hewandankita.blogspot.com dan https://tiprambutsehat.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Beberapa Sebab Anjing Kehilangan Selera Makan

16 Juli 2019   18:07 Diperbarui: 16 Juli 2019   18:12 0 10 5 Mohon Tunggu...
Beberapa Sebab Anjing Kehilangan Selera Makan
Sumber Pxhere.com

Untuk Anda yang pertama kali memelihara hewan peliharaan seperti anjing, mungkin mengalami kesulitan pada bulan-bulan pertama untuk memastikan makanan dan cara perawatan yang tepat untuk anjing tetap terjaga. Apalagi, jika anjing yang dipelihara masih kecil dan merupakan anak anjing pertama, beberapa penyebab yang mungkin saja mendorong anjing tidak mau makan.

Anak anjing hingga yang dewasa hingga berusia lanjut dimungkinkan kehilangan selera makan. Oleh karena itu, pemilik yang merawat anjing penting untuk mengetahui kemungkinan tersebut sehingga optimal saat melakukan perawatan.

Jika dalam penilaian Anda memperkirakan anjing mempunyai selera makan yang buruk, hal pertama yang perlu diingat adalah anjing tidak makan sebanyak yang tertera dalam panduan produk makanan khusus anjing. Umumnya, anjing sehat makan 60% hingga 70% dari yang tertera di kemasan.

Masalah berbeda jika anjing tidak mau makan, yang populer dengan nama anoreksia, yaitu hilangnya nafsu makan pada anjing.

Selera makan anjing yang hilang dan terus menurun dapat mengindikasikan penyakit, penting untuk mencari perawatan hewan jika Anda melihat perubahan dalam kebiasaan makan anjing.

Beberapa Penyebab Membuat Anjing Tidak Mau Makan

Penyakit
Nafsu makan yang menurun pada anjing seringkali merupakan tanda penyakit, terutama jika terdapat gejala lain pada saat waktu bersamaan. Meskipun kehilangan nafsu makan pada anjing tidak selalu menunjukkan penyakit serius, mengunjungi dokter hewan segera mungkin sangat penting untuk mencegah resiko lain, karena penurunan selera makan bisa menjadi tanda awal penyakit yang signifikan. Diantara penyakit tersebut seperti kanker , infeksi, nyeri, gangguan kesehatan hati, dan gagal ginjal.

Penyakit gigi
Anjing mungkin tidak mau makan karena sesuatu di mulutnya menyebabkan rasa sakit. Pemilik hewan peliharaan bisa memeriksa dengan hati-hati kemungkinan gigi rusak atau longgar, gingivitis parah, dan bahkan tumor mulut.

Vaksinasi
Pemberian vaksinasi secara berkala untuk anjing salah satu upaya mencegah penyakit anjing dan resiko menular pada hewan lain atau manusia. Pada beberapa jenis anjing dengan ras tertentu, mungkin berdampak kondisi fisik atau mental yang kurang baik untuk sementara waktu.

Anda tidak perlu khawatir tentang hal ini, karena sebagian besar bersifat minor dan singkat, salah satunya dapat membuat selera makan menjadi menurun pada anjing.

Stres di lingkungan yang tidak dikenal
Jika nafsu makan anjing pada mulanya terlihat baik-baik saja, sampai suatu saat melakukan perjalanan dengannya atau pindah ke lokasi baru, mungkin anjing tidak akan makan karena bepergian atau lingkungan yang tidak dikenalnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x