Mohon tunggu...
Hamdani
Hamdani Mohon Tunggu... Konsultan - Sang Musafir - Mencari Tempat untuk Selalu Belajar dan Mengabdi

Kilometer Nol

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mahasiswa KPM DRI 4 UIN Ar-Raniry Adakan Kegiatan Lomba Anak Saleh

7 November 2021   13:54 Diperbarui: 7 November 2021   14:07 253 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ketua umum BKM Babul Maghfirah Wirzaini Usman sedang membuka acara Lomba Anak Saleh, Minggu, (7/11/2021). Dokpri

Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang sedang melaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat (KPM) Dari Rumah Inovatif (DRI) 4 di Gampong Tanjung Selamat, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, adakan Lomba Anak Saleh Tingkat Gampong Tanjung Selamat, Minggu, (7/11/2021).

Acara yang dipusatkan di halaman Masjid Babul Maghfirah Gampong setempat dibuka oleh Ustadz Wirzaini Usman, S.HI.,M.I.Kom mewakili Keuchik Gampong Tanjung Selamat, Salamun, SH yang berhalangan hadir.

Wirzaini, dalam sambutannya menyampaikan hal-hal sangat penting terkait dengan upaya umat Islam untuk menyiapkan generasi muda yang akan datang, salah satunya adalah tanggung jawab Mahasiswa KPM.

Firman Allah swt dalam surah An-Nisa ayat 9: "Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar," ujar Wirzaini dengan mengutip Firman Allah SWT.

Kegiatan PKM mahasiswa UIN Ar-Raniry kali ini berfokus pada nuansa pendidikan anak-anak yakni Lomba Anak Saleh. Kegiatan ini sendiri merupakan inisiatif mereka yang tergabung dalam Mahasiswa KPM DRI 4 yang ditugaskan oleh kampus di Gampong Tanjung Selamat.

Ketua BKM dan Imam Gampong Tanjung Selamat
Ketua BKM dan Imam Gampong Tanjung Selamat

Ketua Panitia acara Cut Tasha Mulyani menuturkan jika acara ini bertujuan untuk memperkuat pengetahuan anak-anak tentang ilmu agama dan wawasan Islam. Meskipun acaranya sangat sederhana namun diharapkan anak-anak bisa menampilkan kemampuan terbaiknya dalam ajang lomba ini.

Ditambah Cut Tasha Mulyani, peserta yang mengikuti lomba yang bertema "Lomba Islami, Putra-putri Gampong Tanjung Selamat" berasal dari Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-fatah dan Balai pengajian Gampong serta perwakilan dusun-dusun, seluruhnya berjumlah 61 orang dengan rincian;

Peserta lomba Doa Harian sebanyak 11 orang, lomba Hafalan Surat pendek 15 orang, Tartil 6 orang, lomba Azan 7 orang, dan lomba mewarnai 22 orang. Jadi ada 5 cabang yang dilombakan.

Terkait dengan inisiatif dan kreativitas mahasiswa KPM, Ustadz Wirzaini Usman yang juga Ketua Umum Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Babul Maghfirah mengucapkan terima kasih. Begitu pun kepada seluruh pihak yang hadir dan ikut memberikan dukungan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan