Mohon tunggu...
Hamdani
Hamdani Mohon Tunggu... Konsultan - Sang Musafir - Mencari Tempat untuk Selalu Belajar dan Mengabdi

Kilometer Nol

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Menjadi Konsultan Bisnis Usaha Sendiri, Memang Bisa?

13 Agustus 2021   10:30 Diperbarui: 13 Agustus 2021   10:30 161 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menjadi Konsultan Bisnis Usaha Sendiri, Memang Bisa?
(Adeolu Eletu/Unsplash)

Mengapa Anda perlu menjadi konsultan di bisnis sendiri?

Tidak dapat dipungkiri bahwa peran konsultan dalam meningkatkan usaha UMKM saat ini kian dirasakan penting. Keberadaan seorang konsultan sebagai tenaga ahli akan sangat membantu business owner dalam memajukan usaha mereka.

Menurut sebuah situs konsultan bisnis adalah pihak yang menyediakan jasa konsultasi kepada suatu organisasi/lembaga/perusahaan, agar semakin berkembang dan lebih efisien.

Konsultan bisnis mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi. Ia membuat perencanaan bisnis ke depan agar bisa memenuhi target yang diinginkan perusahaan.

Konsultan bisnis biasanya merupakan orang luar yang bekerja secara profesional atas permintaan pemilik usaha untuk mengerjakan sebuah proyek atau pekerjaan. Atas jasa yang diberikan mereka dibayar sesuai kontrak.

Persepsi umum terhadap profesi konsultan sering dianggap sebagai jasa berbiaya mahal khususnya dari sudut pandang UMKM. Maka dari itu akan muncul kekuatiran merasa tidak mampu membayar seorang konsultan tersebut. Padahal mereka sangat membutuhkannya.

Lantas bagaimana seharusnya?

UMKM sejatinya tidak perlu takut misalnya belum mampu menyewa jasa konsultan saat ini. Justru bisa menjadikan diri sendiri bertindak sebagai konsultan bagi bisnis yang sedang dijalankan.

Pemikiran semacam itu sepertinya agak nyeleneh alias nggak masuk akal. Bagaimana mungkin itu bisa dilaksanakan. Sebetulnya bisa, meski ada yang bilang tidak mungkin seorang dokter bisa membedah perutnya sendiri.

Nah bagaimana caranya?

Sebelum itu mari kita pahami terlebih dahulu tentang konsep konsultan. Dalam banyak istilah konsultan disebut juga tenaga ahli, pakar, orang yang memberi nasehat atau penasehat, tenaga profesional, dan mungkin juga disebut pemikir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan