Mohon tunggu...
CANDRA ARDIYATMA
CANDRA ARDIYATMA Mohon Tunggu... Youtube: Candra Ardiyatma

Sekedar berbagi pengalaman. Silahkan mampir ke Channel Youtube saya "Candra Ardiyatma" dan jangan lupa Subscribe!

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Cek Kembali Kendaraan Anda Sebelum Berangkat Mudik

31 Mei 2019   09:15 Diperbarui: 31 Mei 2019   09:19 0 3 0 Mohon Tunggu...
Cek Kembali Kendaraan Anda Sebelum Berangkat Mudik
avito.ru

Mudik lebaran merupakan hal yang sudah menjadi adat bagi para perantau dan merupakan hal yang memiliki nilai spiritual karena para perantau akan berkumpul bersama orang tua dan sanak saudara di kampung halaman.

Agar mudik dapat berjalan lancar, sangat dianjurkan untuk melakukan pengecekan kembali kendaraan yang digunakan untuk menuju kampung halaman agar lebih yakin lagi dalam berkendara. Pengecekan tersebut berupa:

Tekanan Angin Ban

Pengecekan ini sangat penting karena pada saat akan digunakan untuk mudik pastinya beban yang ditopang oleh kendaraan semakin berat, hal tersebut merupakan akibat dari banyaknya barang bawaan yang terdapat pada kendaraan tersebut.

Oli Mesin

Pengecekan oli mesin tidak kalah penting untuk meyakinkan pengemudi bahwa oli mesin masih dalam kondisi baik. Pada saat melakukan pengecekan oli mesin kendaraan, harus dipastikan kualitas dan kuantitas dari oli tersebut dalam kondisi yang baik.

Radiator

Radiator memiliki peranan yang sangat penting dalam hal pendinginan, karena pentingnya peranan dari radiator maka diperlukan pemeriksaan kembali pada radiator terutama radiator yang menggunakan cairan coolant dan bukan radiator yang menggunakan air biasa.

Lampu Kendaraan

Pemeriksaan kembali lampu kendaraan meliputi lampu kota, lampu utama, lampu sign, lampu rem dan juga lainnya karena lampu sangat berkaitan dengan isyarat ataupun sarana komunikasi antar pengemudi.

Ban Serep

Ban serep juga tidak boleh luput dari pemeriksaan, karena terkait dengan keadaan darurat apabila diharuskan mengganti ban saat perjalanan mudik berlangsung. Lakukan pemeriksaan pada ban serep layaknya terhadap ban yang terpasang pada kendaraan baik bentuk, kondisi dan alurnya.

Peralatan dan Kunci-Kunci

Peralatan yang dimaksud semacam dongkrak, kunci roda, kunci pass dan yang lainnya yang sekiranya diperlukan dalam keadaan darurat. Dalam pemeriksaan peralatan dan kunci-kunci jangan lupa untuk membawa senter dan juga segitiga pengaman sebagai penerangan dan isyarat dalam keadaan darurat.

Peralatan P3K

Setelah semua hal diatas selesai  diperiksa maka hal terakhir yang harus diperiksa adalah peralatan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan).  Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan maka Peralatan P3K menjadi solusi utama dan pertama pada situasi tersebut. Pemeriksaan pada Peralatan P3K yaitu memeriksa kelengkapan alat-alat yang seharusnya ada untuk memberikan pertolongan pertama tersebut, seperti obat disinfektan luka, kain kasa, perban dan lain sebagainya.

Pemeriksaan tersebut merupakan bentuk antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan mudik. Tentunya para pemudik tidak mengharapkan terjadinya hal-hal tersebut, namun alangkah lebih baiknya jika mempersiapkan hal-hal tersebut sebagai tindakan antisipasi.

Hati-hati di jalan bagi anda yang melakukan perjalanan mudik

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2