Mohon tunggu...
Candra Permadi
Candra Permadi Mohon Tunggu... Penerjemah - r/n

r/n

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

... Perubahan Kecil Tim-Tim NBA (Edisi Bontot)

23 November 2022   23:12 Diperbarui: 24 November 2022   07:32 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beverley-Kawhi (Sport-Ilustrated)


Los Angeles Clippers

Komposisi pemain Clippers dalam beberapa musim terakhir diperkuat nama-nama menarik yang praktis bisa bermain sebagai playmaker jangkung dan penembak jitu sama baiknya, sebut saja Paul George, Kawhi Leonard, Nic Batum, bahkan Terrance Mann. Keempat nama barusan bisa bermain dengan point/ shooting guard yang lebih mungil seperti Reggie Jackson, Norman Powell, penembak jitu Norman Powell atau playmaker mungil terbaru mereka John Wall, yang  nyaris tidak jago tembak.

Jika masih kurang, mereka juga masih punya defender jangkung yang jago tembak, Marcus Morris dan Robert Covington yang bisa dimainkan di posisi power forward karena tidak terlalu banyak butuh mendribel bola.

Terakhir, jika masih kurang, mereka masih punya center Ivica Zubac (yang musim ini terlihat makin bertenaga) dan alumni Mavericks Moses Brown.

Dengan postur yang jangkung dan akurasi tembakan yang bagus, George tidak harus berpenetrasi terlalu dalam untuk memancing dua orang mendekat menutup ruang George, yang artinya membuka ruang Morris atau Jackson untuk menembak.


ZH Highlight

Menarik, jika aliran bola dipegang John Wall, guard cepat yang akurasi tembakan tiga angkanya sepertinya makin membaik). Alih-alih tidak efektif, dengan banyaknya pemain jangkung yang mesti dijaga, penetrasi Wall justru membuka ruang bagi Zubac yang kadang cukup berdiri di sebelah jaring, siap menerima umpan pendek.

Saking banyaknya pemain bertipe serupa di tim ini, cedera Kawhi tidak terlalu terasa. Kini Kawhi sudah kembali (setelah absen beberapa game). Dengan kebugaran yang belum sepenuhnya pulih setelah musim lalu absen panjang karena cedera, Kawhi masih lebih pasif atau banyak pengumpan bola tiap kali mendapat operan. Meski begitu, ruang pertahanan tetap terbuka lantaran defender tim lawan, mengawasi pergerakannya, bahkan saat Paul George harus absen.

Lantaran pemain lawan fokus pada Kawhi dan/atau George, beberapa pemain sedikit lebih bebas. Meski space yang tercipta tidak terlalu lebar, tidak sulit bagi Morris (Mock) atau Batum untuk menciptakan angka, andai mendapatkan operan, lantaran keduanya punya jump shot yang lumayan bagus, meski tidak selalu dari area tiga angka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun