Mohon tunggu...
Candhik Ayu
Candhik Ayu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Semoga bermanfaat, dan terus semangat!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Karakteristik New Media dalam Mengembangkan Kreativitas Diri

10 September 2021   19:09 Diperbarui: 11 September 2021   22:54 417
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Teknologi saat ini semakin canggih dan berkembang, sehingga dapat membantu masyarakat  dalam mengembangkan kreativitasnya dengan sangat mudah. Adanya teknologi saat ini menghadirkan new media atau media baru, sebagai wadah masyarakat dalam berkomunikasi, dan mengekspresikan diri tanpa adanya batasan ruang dan waktu. 

Media baru pastinya juga masih berhubungan dengan jaringan internet, yang mana internet sebagai penghubung sebagai jalannya komunikasi dalam media baru agar lebih lancar dan praktis.

Apa itu New Media atau Media Baru ?

New Media atau Media Baru dapat diartikan sebagai media yang dapat menayangkan sebuah konten atau informasi secara interaktif kepada audiens atau orang yang melihatnya (Gafar, 2008 : 38). Sehingga secara tidak langsung tetap menciptakan suatu komunikasi yang terjadi, dan menimbulkan adanya feedback atau umpan balik. 

McQuail juga mengatakan, bahwa dengan hadirnya new media atau media baru memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah dan bersifat interaktif (Kurnia, N.  2005. hal. 294).

New Media atau Media baru membantu seseorang untuk dapat berkomunikasi tanpa harus bertatap muka. Selain itu, seseorang dapat mencari atau mengakses segala informasi yang terbaru kapan saja dan dimana saja selama memiliki koneksi jaringan internet (Puspita, 2015 : 206).


McQuail (dalam, Kurnia, N. 2005. Hal. 292), mengelompokan new media menjadi empat kategori:

  1. Komunikasi Interpersonal, seperti telepon, handphone, dan email

  2. Komputer Videogame, media untuk bermain interaktif

  3. Portal atau search engine, media untuk pencarian informasi

  4. Media Partisipasi Kolektif, penggunaan internet sebagai wadah pertukaran dan berbagi informasi, serta dapat berpendapat dan berbagi pengalaman.

Rogers (dalam, Nurwani, E. 2012 : 23), menjelaskan tentang karakteristik new media atau media baru yang terbagi menjadi tiga : 

  1. Interactivity, yaitu kemampuan komunikasi yang memberikan adanya umpan balik 

  2. De-massification, yaitu seseorang atau individu dapat merubah pesan sesuai dengan keiinginan penggunanya

  3. Asynchronity, yaitu kemampuan untuk dapat mengirim dan menerima pesan dengan waktu yang diinginkan penggunanya.

1605152743-social-media-marketing-dan-advertising-613ccfb331a28767f54edeb2.jpg
1605152743-social-media-marketing-dan-advertising-613ccfb331a28767f54edeb2.jpg
New Media Mengembangkan Kreativitas

New media atau media baru saat ini sering digunakan masyarakat untuk menjalin komunikasi dengan mudah, cepat, praktis, dan mengembangkan kreativitas seseorang. Yang mana media sosial, seperti Instagram dan Youtube merupakan new media atau media baru yang diminati masyarakat untuk diakes dalam kesehariannya. 

Adanya new media yang menghadirkan Instagram dan Youtube memudahkan seseorang untuk dapat berkomunikasi dengan siapapun di seluruh dunia. Era saat ini, pengguna Instagram dan Youtube sendiri yaitu,  anak remaja, dewasa, bahkan orang tua. 

Yang mana jumlah pengguna Instagram di seluruh dunia mencapai 1,07 M dan 354 Juta (Rizaty, 2021). Sedangkan jumlah pengguna Youtube sendiri berhasil mencapai 181,9 Juta (Suara.com, 2021). 

Tidak hanya membantu dalam berkomunikasi, kehadiran new media khususnya dalam media sosial sangat berpengaruh dalam mengembangkan kreativitas tiap individu. 

mediasosial-1-613cd0230101900e225d01f4.png
mediasosial-1-613cd0230101900e225d01f4.png
Selain itu, hadirnya segala teknologi yang semakin canggih dilengkapi adanya media baru yang saat ini banyak diakses oleh masyarakat atau setiap individu, membuat banyaknya konten kreator untuk terus mengembangkan ide-ide kreatif mereka. 

Yang mana setiap individu dapat berbagi konten, seperti games atau hiburan untuk penonton, menceritakan pengalaman pribadi, konten review sebuah produk atau barang, dan masih banyak lagi.

Konten yang mereka buat atau inginkan dapat ditayangkan atau di share kedalam akun media sosial mereka. Pastinya setiap konten yang mereka buat dapat dilihat oleh seluruh dunia, sehingga konten mereka dapat dinikmati siapa saja. 

Setiap konten yang mereka buat juga menyediakan kolom komentar, sehingga masyarakat atau pengguna lainnya dapat memberikan komentar atau like sesuai dengan keiinginannya. Sehingga menciptkan adanya komunikasi yang terjadi dalam media sosial yang digunakan tersebut. 

Melalui penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulannya, bahwa dengan kehadiran new media saat ini sangat membantu dalam kehidupan kesehari-harian masyarakat untuk mendapatkan informasi dengan mudah dan praktis. Kehadiran new media juga memberikan peluang dan wadah setiap individu dalam mengembangkan kreativitas yang mereka buat dalam bentuk konten di dalam media sosial yang mereka miliki.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun