Mohon tunggu...
Anugrah Cinta
Anugrah Cinta Mohon Tunggu... Carkul

Kasi syang tidak akan berhenti jika kamu tak memperhintikanya

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Karimunjawa, Surga Tersembunyi di Kabupaten Jepara

11 Desember 2019   10:16 Diperbarui: 11 Desember 2019   10:31 16 0 0 Mohon Tunggu...
Karimunjawa, Surga Tersembunyi di Kabupaten Jepara
dokpri

Karimunjawa adalah wilayah kepualuan terbesar yang ada di perairan kabupaten jepara, dan merupakan salah satu kecamatan yang ada di Jepara. Jarak karimunjawa ke jepara sekitar 47,0 km, untuk pergi ke Karimunjawa perjalanan laut yang bisa ditempuh sekitar 2 jam -- 5 jam dengan menaiki kapal siginjai dengan harga tiket Rp. 94.000 dan expres bahari dengan harga tiket Rp. 102.000 khusus untuk yang KTP Karimunjawa dan Rp. 150.000 selain KTP Karimunjawa dari pelabuhan kartini jepara.

Dan juga untuk ke karimunjawa juga bisa ditempuh melalui jalur udara dari bandara Ahmad Yani Semarang ke bandar udara Dewa Daru di Kemujan. Dengan pesawat, anda bisa melihat keindahan alam Karimunjawa dari atas sebelum mendarat ke Karimunjawa.Dari letak geografis Karimunjawa berada  di sebelah utara laut Jepara Jawa Tengah. Kepulauan Karimunjawa terdiri dari 27 pulau, dan hanya ada 4 pulau yang berpenghuni yaitu, pulau Karimunjawa, Pulau Kemujan, Pulau Parang, dan Pulau Nyamuk. Sebagian besar kepulauan di Karimunjawa memiliki pantai pasir putih dan air laut yang bersih.

Sekarang ini wisata di Karimunjawa sangat banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun manca negara.Di Karimunjawa terdapat tempat-tempat wisata yang menjadi tempat favorit yang bisa dikunjungi para wisatawan yang datang kesana. Diantaranya bukit love, pulau menjangan besar (tempat penangkaran ikan hiu), pulau menjangan kecil (kampoeng bule), hutan mangrove, spot snorkling, dan masih banyak lagi tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Objek wisata di karimunjawa akan membuat anda betah untuk berlama-lama di Karimunjawa, karena menyajikan pemandangan alam dan laut yang indah untuk memanjakan mata anda. Jika anda ingin berenang dengan ikan hiu bisa datang ke pulau menjangan besar yang berjarak 1 km dari pelabuhan karimunjawa.

Dari wawancara ke penjaga penangkaran hiu di tempat tersebut terdapat 2 jenis ikan hiu yaitu, hiu sirip putih, dan hiu sirip hitam. Untuk menguji keberanian para wisatan bisa berenang bersama puluhan ikan hiu. Tidak perlu takut karena ikan hiu dipenangkaran tersebut sudah jinak dan cukup bersahabat dengan manusia.

Di Karimunjawa terdapat pulau Tanjung Gelam, tempat transit para wisatawan untuk makan siang dan istirahat. Dan masyarakat karimunjawa juga ada yang membuat kerajinan tangan untuk dijadikan cindera mata oleh para wisatawan yang berkunjung kesana. Kerajinan gelang dan tasbih dari kayu khas Karimunjawa, yaitu, kayu dewandaru, kayu setigi, dan kayu kalimosodo. Dan masyarakat Karimunjawa juga ada yang membuat kerupuk kepiting untuk dijadikan oleh-oleh khas dari karimunjawa.

Di Karimunjawa terdapat makam waliyulloh yang meenyebarkan agama islam disana. Yaitu, makam sunan Amir Hasan atau yang lebih dikenal dengan Sunan Nyamplungan, Dia adalah putra dari Sunan Muria dan murid dari Sunan Kudus yang sangat cerdas. Berdasarkaan cerita yang ada, sunan Muria prihatin atas kenakalan anaknya yaitu sunan nyamplungan.

Kemudian sunan Muria memerintahkan putranya untuk mendatangi sebuah pulau yang terlihat kremun-kremun dari atas gunung muria untuk memperdalam ilmu agama dan menyebarkan ilmu agama islam di sana. Dari kata kremun-kremun itulah kemudian pulau ini dinamakan pulau karimunjawa yang dikenal hingga sekarang ini.

Kepulauan Karimunjawa sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur di akhir pekan bersama keluarga dan wajib anda kunjungi. Karena kepulauan karimunjawa menyajikan pemandangan alam yang masih alami nan indah dan juga pemandangan bawah lautnya yang menjadi kunjungan wajib bagi para wisatawan yang berkunjung kesana, pemandangan bawah lautnya menyajikan keindahan alam bawah laut yang indah dengan beraneka ragam terumbu karang dan berbagai macam biota laut.

VIDEO PILIHAN