Mohon tunggu...
Calista Hendiastika
Calista Hendiastika Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Belajar Volume Kubus dan Balok bersama Peserta Didik SD Alam Bengawan Solo

19 Juli 2021   20:46 Diperbarui: 19 Juli 2021   21:08 81 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan yang menjadi persyaratan lulus dari Universitas Diponegoro. KKN merupakan bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Penulis melaksanakan KKN bersamaan dengan program Kampus Mengajar yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam rogram Kampus Mengajar para mahasiswa difokuskan untuk membantu pembelajaran pada sekolah dengan Akreditasi C. Penulis melaksanakan kegiatan KKN di SD Alam Bengawan Solo, Kelurahan Gondangsari, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten.

Kali ini penulis dibantu oleh fasilitator kelas V Hidayati Nugraheni dan Agung Raharjo melakukan kegiatan pembelajaran literasi dan numerasi. Pada hari Selasa tepatnya pada tanggal tanggal 4 Mei 2021 dilakukan pembelajaran matematika tentang volume kubus dan balok. Beberapa peserta didik mengalami kesulitan memahami materi yang disampaikan. Sehingga diperlukannya suatu media yang dapat mempermudahkan peserta didik memahami mengenai volume kubus dan balok.

Penulis membuat media dari bahan kardus dan kertas karton yang dibentuk menyerupai kubus dan balok. Pembelajaran menggunakan suatu media mampu membuat peserta didik lebih berkonsentrasi dalam belajar, mereka sangat berantusias mencoba media yang telah dibuat.  Diharapkan peserta didik lebih memahami mengenai volume kubus dan balok setelah dijelaskan menggunakan media tersebut.

Penulis  : Calista Hendiastika - Matematika - Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing KKN : Solikhin, S.Si., M.Sc.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan