Mohon tunggu...
Cahaya Priangan
Cahaya Priangan Mohon Tunggu... Kabupaten Tasikmalaya

Surat kabar digital

Selanjutnya

Tutup

Keamanan

Antisipasi Longsor Saat Mudik, Jalan Gentong Ditanami Vertiver

30 Maret 2020   21:27 Diperbarui: 30 Maret 2020   22:01 2 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Antisipasi Longsor Saat Mudik, Jalan Gentong Ditanami Vertiver
www.merdeka.com

Mudik lebaran sebentar lagi akan tiba. Oleh sebab itu arus mudik pasti akan terjadi dalam dua bulan ke depan. Banyak perantau dari berbagai daerah akan pulang kampung untuk kembali berkumpul dengan keluarganya di rumah. 

Keinginan tersebut sepertinya masih tidak terbendung meskipun dalam situasi pandemi seperti saat ini. Oleh sebab itu, Kabupaten Tasikmalaya melakukan lantah antisipasi untuk memastikan arus mudik ke Kabupaten Tasikmalaya dan keluar daerah itu aman terkendali.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Kabupaten Tasikmalaya ialah dengan menanami rumputu Vertiver di Jalan Gentong, di wilayah Kabupaten Tasikmalaya selatan untuk mencegah terjadinya longsoran jalan. Penanaman rumput ini memang difikuskan di Jalan Gentong yang berlokasi di Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Kapolres Tasikmalaya, AKBP Anom Karibianto, penanaman rumput ini dilakukan untuk mengantisipasi daerah yang memang rawan longsor ini. Kemudian, alasan memilih menanam rumput Vertiver adalah karena rumput yang berasal dari India ini memiliki kekuatan akar seperti kawat baja yang kuat, sehingga bisa menembus hingga kedalaman 5 meter lebih.

"Kami berharap, dengan ditanami rumput ini bisa mencegah longsor dan pengendara tidak terganggu apalagi di musim arus mudik dan balik," paparnya.

VIDEO PILIHAN