Mohon tunggu...
Cahaya Priangan
Cahaya Priangan Mohon Tunggu... Kabupaten Tasikmalaya

Surat kabar digital

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Bupati Ade: Masyarakat Tasikmalaya Menikmati Secara Langsung Dampak Pertumbuhan Ekonomi

21 Maret 2020   13:50 Diperbarui: 21 Maret 2020   14:00 61 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bupati Ade: Masyarakat Tasikmalaya Menikmati Secara Langsung Dampak Pertumbuhan Ekonomi
Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto/radartasikmalaya.com

Dua hari yang lalu bertempat di Gedung Islamic Center, Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya menyelenggarakan Musrawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan Rencana Kerja Daerah (RKPD) Tahun 2021. Penyusunan RKPD Tahun 2021 yang mengusung tema "Tasik Melayani" itu dibuka oleh Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto, dan dihadiri oleh seluruh kepala SKPD di lingkungkan Pemerintahan Daerah Kabupaten Tasikmalaya, hingga tamu-tamu undangan yang bersangkutan, Selasa (17/03/2020).

Dilansir dari Swaragapura, saat ini Kabupaten Tasikmalaya mengalami peningkatan indeks pembangunan manusia. Peningkatan tersebut tampak dari angka yang tadinya berada di nilai 63,57 poin pada tahun 2015, kini telah meningkat ke nilai 65,64 pada tahun 2019. Hal tersebut berarti rata-rata kenaikannya adalah sebesar 0,35 poin pada setiap tahunnya. Tidak hanya itu, Bupati Ade juga menyebutkan bahwa angka kemiskinan di Kabupaten Tasikmalaya juga mengalami penurunan dari 11,24% di tahun 2016 menjadi 9,12% di tahun 2019. Angka tersebut berada di bawah angka kemiskinan nasional yang mencapai 9,22%.

"Meskipun angka kemiskinan masih di atas rata-rata Jawa Barat, namun percepatan penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Tasikmalaya merupakan salah satu dari 5 daerah terbaik di Jawa Barat", tutur Bupati Ade.

Tidak hanya itu, Bupati Ade juga mengungkapkan bahwa saat ini masyarakat Kabupaten Tasikmalaya dapat dikatakan telah menikmati seara riil dan langsung dampak dari pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tasikmalaya. Hal tersebut lantaran laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tasikmalaya dari awal tahun 2016 menuju tahun 2019 adalah sebesar 5,75%, sementara angka inflasinya masih di bawah itu yakni 2,66%.

Pada kesempatan itu, Bupati Ade juga menuturkan bahwa tugas Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya adalah untuk melaksanakan pembangunan dan fokus untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan maksimal. Oleh sebab itu, pemerintah akan fokus untuk melakukan pemenuhan kebutuhan dasar seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur dasar, dan perbaikan ekonomi dengan lebih maksimal.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x