Mohon tunggu...
Cahaya
Cahaya Mohon Tunggu... Muslim

Berbagi Inspirasi

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

7 Tips Tetap Produktif Saat Bekerja di Rumah

28 Maret 2020   10:55 Diperbarui: 28 Maret 2020   11:19 20 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Tips Tetap Produktif Saat Bekerja di Rumah
Dok. pribadi

7 Tips Tetap Produktif Saat Bekerja di Rumah - Work From Home( WFH) jadi opsi sebagian besar industri kala pandemi virus Corona pemicu Covid- 19. Keputusn tersebut berlatar untuk melindungi keselamatan serta kesehatan para karyawan, sehingga kegiatan di rumah jadi opsi.

Oleh sebab itu, status WFH jadi atensi tertentu untuk publik. Maklum, bakal terdapat yang berbeda dengan kerutinan tiap hari, paling utama untuk para pekerja kantoran serta lapangan.


Tantangan terbanyak untuk mereka yang berstatus WFH merupakan melindungi kesehatan plus produktivitas. Perihal yang kadang wajib disiasati supaya dapat berjalan beriringan di tengah sebaran virus Corona pemicu COVID- 19.

Untuk sebagian orang bekerja di rumah ialah opsi. Terdapat banyak alibi yang melatarbelakanginya, salah satunya merupakan waktu yang lebih fleksibel daripada bekerja di kantor. Tidak hanya itu dengan bekerja di rumah waktu bersama keluarga jadi lebih banyak. Ini yang tidak dapat didapatkan apabila bekerja di kantor.

Tetapi begitu dengan bekerja di rumah bukan berarti tidak dapat produktif semacam halnya bekerja di kantor. Bagi kami malah dengan bekerja di rumah dapat lebih produktif daripada bekerja di kantor. Leluasa macet, dapat bebas dari kendala yang tidak berarti serta sedikit drama.

7 Tips Tetap Produktif Saat Bekerja di Rumah 

Jika Kamu yang membaca tulisan ini kebetulan pula bekerja di rumah, berikut kami berikan beberapa panduan yang dapat kita jalani supaya senantiasa produktif biarpun kerjanya di rumah. Harapannya dengan mengenali serta melaksanakan sebagian panduan berikut dapat tingkatkan produktivitas kita.

Inilah Panduan Supaya Senantiasa Produktif Buat Yang Bekerja Di Rumah

[1] Bangun lebih dini dari orang mayoritas secara teratur

Panduan yang awal supaya senantiasa produktif merupakan bangun lebih dini dari orang mayoritas. Bila mayoritas orang bangun pada jam 05. 00 ataupun 06. 00, hingga kita wajib bangun 60 menit ataupun 90 menit lebih dini. Serta ini wajib tertib serta jadi kerutinan. Bukan satu ataupun dau kali seminggu saja yang bangun lebih dini.

Setelah itu yang jadi persoalan, kenapa kita wajib bangun lebih dini dari orang mayoritas? Terdapat sebagian jawaban dari persoalan tersebut, antara lain:

Memperkenalkan tenaga positif. Seseorang penulis populer di Amerika yang bernama Perihal Erold, berkata kalau mengawali hari lebih dini kala yang lain terlelap hendak memperkenalkan tenaga positif yang tidak sering kita bisa pada jam- jam wajar. Perihal Erold menulis suatu novel dengan judul The Miracle Morning yang sudah mengispiransi ratusan ribu orang di dunia hendak khasiat bangun pagi.

Bebas dari tekanan mental. Suatu riset yang diterbitkan dalam Journal of Psychiatric Research menciptakan salah satu metode buat melawan tekanan mental. Hasil dari riset tersebut menarangkan kalau orang yang giat bangun pagi mempunyai resiko penyakit mental yang lebih rendah paling utama pada perempuan.

Dapat tidur lebih dini serta lebih nyenyak. Di dalam badan manusia kita memahami yang namanya jam biologis. Dengan tidur larut malam hendak berdampak bangun kita jadi siang. Begitu pula kebalikannya, bangun lebih dini hingga waktu tidur kita dapat lebih dini serta lebih nyenyak.

Bila ini kita abaikan hingga hendak berdampak mencuat bermacam permasalahan semacam tidak bisa tidur, kegemukan, diabet jenis 2( berkemih manis), tekanan mental, bipolar disorder, serta kendala mood. Tidak hanya itu, jam biologis yang berhamburan pula berisiko mempengaruhi energi tahan badan.

Bgai muslim, melaksanakan shalat subuh terlebih dahulu, kemudian olahraga sebentar, untuk membuat badan lebih segar.

[2] Kerjakan pekerjaan yang susah di dini hari

Panduan yang kedua supaya senantiasa produktif merupakan mengerjakan pekerjaan susah di dini hari. Tetapi saat sebelum itu kita butuh mengenali serta memisahkan mana saja pekerjaan yang susah serta mana saja pekerjaan yang lebih gampang.

Sehabis itu kita kerjakan lebih dahulu pekerjaan yang susah serta berat di dini ataupun pagi hari. Sebabnya merupakan kala pagi mood kita masih bagus serta tenaga yang kita miliki masih penuh. Sehingga kala siang hari datang, serta tenaga telah menurun hingga kita dapat menuntaskan bagian pekerjaan yang lebih gampang.

Tidak hanya itu dapat pula kita membuat skala prioritas semacam berikut ini:

- Pekerjaan mendesak serta penting

- Pekerjaan penting, tapi tidak mendesak

- Pekerjaan mendesak, tapi tidak penting

- Pekerjaan tidak mendesak, dan tidak penting

[3] Jauhi Distraksi

Panduan ketiga merupakan sebisa bisa jauhi distraksi. Distraksi merupakan alihkan atensi dari yang sepatutnya kita bagikan perhatian penuh. Bekerja di rumah dapat saja terjalin distraksi. Contohnya kala kita fokus mengerjakan suatu, seketika anak kita tiba mengajak bermain. Ataupun kala kita lagi fokus bekerja terdapat sahabat yang menelpon ataupun mengajak chat. Ini merupakan contoh- contoh dari distraksi.

Distraksi ataupun lebih tepatnya interupsi itu ialah pembunuh produktivitas. Usahakan kurangi  kegiatan telpon menelpon diantara regu, apalagi buat chat juga pula tidak sering, kecuali itu perihal yang sangat berarti serta menekan.

Buat menjauhi distraksi dapat dengan membuat ketentuan yang jelas serta tegas di rumah supaya tidak terdapat yang mengusik, tercantum ke kanak- kanak sepanjang jak kerja. Dapat pula meletakkan smartphone dibelakang layar laptop, supaya tersembunyi serta tidak nampak sepanjang bekerja.

[4] Mempraktikkan prinsip work life balance

Prinsip work life balance merupakan prinsip bekerja dengan tidak mengabaikan seluruh aspek kehidupan kerja, individu, keluarga, spiritual, serta sosial. Biarpun bekerja di rumah bukan berarti kita mengabaikan keluarga, orang sebelah ataupun agama.

Malah dengan bekerja di rumah kita dapat lebih dekat dengan keluarga. Dapat bersosialisasi dengan orang sebelah serta kala terdapat orang sebelah yang memerlukan dorongan kita dapat lekas tiba serta menolong. Pula dengan bekerja di rumah kita dapat lebih leluasa dalam beribadah.

[5] Lumayan rehat serta berolahraga teratur

Panduan kelima supaya senantiasa produktif merupakan lumayan rehat serta berolahraga tertib. Dengan rehat yang lumayan serta plahraga tertib hendak membuat tubuh jadi fresh serta sehat, sehingga Kamu dapat senantiasa produktif walaupun bekerja di rumah.

Tantangan untuk orang yang bekerja di rumah merupakan tidur sampai larut malam serta kurang gerak. Hingga dari itu sebanyak serta seberat apapun pekerjaan kita, rehat yang lumayan serta berolahraga tertib jangan hingga terlewatkan.

[6] Membuat penilaian setiap hari serta perencanaan buat besok hari

Panduan yang terakhir supaya senantiasa produktif walaupun bekerja di rumah merupakan melaksanakan penilaian setiap hari serta membuat rencana buat besok hari. Ini sangat berarti biar kita dapat memperhitungkan gimana pekerjaan kita hari ini. Apakah targetnya tercapai ataupun tidak. Setelah itu apa saja hambatan serta pendukung dalam pekerjaan kita.

Tidak hanya itu kita pula butuh membuat perencanaan buat besok hari supaya kita memiliki cerminan tentang apa yang hendak kita kerjakan. Tidak hanya itu dapat buat memastikan prioritas pekerjaan mana yang butuh dikerjakan lebih dahulu.

[7] Gunakan Tools Pendukung

Bagi perusahaan yang meeting virtual, bisa menggunakan aplikasi Zoom atau Google hangout. Bagi perusahan besar yang ingin lebih mudah mengawasi seluruh sumber daya perusahaan, bisa menggunakan ERP Cloud Sistem. Sekarang banyak sekali ERP Sistem yang bisa direkomendasikan. Salah satu yang terbaik adalah SystemEver.
Sumber selengkapnya mengenai ERP Cloud Sistem Indonesia

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x