Mohon tunggu...
Bustamin Wahid
Bustamin Wahid Mohon Tunggu... Nika

Bustamin Wahid ad/ Alumni Universitas Negeri Gorontalo.

Selanjutnya

Tutup

Musik

Samaun Dahlan: Adat adalah Senyawa Pembanguan Daerah

4 Juni 2019   06:14 Diperbarui: 4 Juni 2019   06:41 0 1 0 Mohon Tunggu...
Samaun Dahlan: Adat adalah Senyawa Pembanguan Daerah
Dokpri

Samaun Dahlan (SD), menyebutkan bahwa pemerintah daerah membutukan imajinasi pembangunan yang serius, oleh karena itu hal mendasar dalam pembangunan yakni adat itu sendiri. Dengan tegas Samaun Dahlan (SD) sebutkan adat adalah senyawa hidup dalam pembangunan daerah.

Adat tak hanya sekedar yang ritus sakral semata, tapi adat terus Hidup dalam dimensi kemanusiaan atau yang dikenal sebagai substansi peradaban manusia.

 Di tanah Fakfak (zajirah onim), jalan sejarah begitu harmonis dengan menawarkan meta daya satu tungku tiga batu (penyatuan adat, agama dan governances).  Narasi damai itu selalu ditorehkan dan dihidupakan dalam dimensi sosial masyarakat dan menjadi simbol pembangunan di Fakfak.

Tentu kedepanya, adat mendorong gairah berfikir anak-anak muda yang jauh lebih inovasi dan berdaya saing tinggi, sebab pembangunan sumber daya manusia (SDM)  adalah kunci kemajuan suatu daerah, tentu dengan segala harapan kesiapan infrastruktur juga salah satu terpenting untuk kebijakan-kebijakan strategis di daerah.

Harapan besar kedepanya adat dihidupakan dalam ruang-ruang publik, terlebih urusan pembangunan dan perubahan daerah.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x