Mohon tunggu...
Eko Nurhuda
Eko Nurhuda Mohon Tunggu... Penulis - Pekerja Serabutan

Menuliskan apa saja yang menarik hati, terutama sepak bola dan sejarah. Apresiasi boleh disalurkan melalui https://trakteer.id/bungeko. #YNWA

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Apa Kabar Tonnie Cusell, Pemain Naturalisasi yang Sempat "Merajuk" pada PSSI?

12 Agustus 2022   03:30 Diperbarui: 13 Agustus 2022   03:28 632 16 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tonnie Cusell dalam pertandingan Indonesia vs Laos di Piala AFF 2012. | Foto: Instagram.com/cuselltonnie

BICARA pemain naturalisasi, trio Belanda yang bergabung jelang pergelaran Piala AFF 2012 wajib kita sebut. Mereka adalah Tonnie Cusell, John van Beukering, dan Raphael Maitimo. Ketiganya dipanggil timnas Indonesia karena situasi PSSI saat itu tengah genting.

Sekadar mengingatkan, sejak awal 2011 sepak bola Indonesia dilanda gonjang-ganjing. Dimulai dari munculnya kompetisi bertajuk Liga Primer Indonesia, diprakarsai oleh sekelompok orang yang kemudian disebut-sebut sebagai Kubu Jenggala.

Dari dualisme liga, lantas ujung-ujungnya terjadi dualisme kepengurusan. Ada PSSI yang kebanyakan diisi nama-nama baru, tetapi di lain pihak mantan pengurus lama mendirikan Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) yang kemudian bertindak selaku federasi tandingan.

Singkat cerita, KPSI yang didukung sebagian besar komponen sepak bola nasional memboikot timnas Indonesia bentukan PSSI. Klub-klub yang masih mau terus berkompetisi di LSI dilarang keras mengirim pemain ke timnas. Demi menyelamatkan periuk nasi, kebanyakan pemain menuruti komando tersebut.

Hanya satu pemain LSI yang berani memberontak dan tetap memenuhi panggilan timnas, yakni striker senior Bambang Pamungkas. Keputusan yang membuat kala itu sempat membuat geger.

Karena para pemain langganan timnas tidak berani memenuhi panggilan PSSI, skuat yang dipersiapkan untuk Piala AFF 2012 terbilang compang-camping. Selain Bepe, hanya ada tiga pemain lain yang memiliki cap lebih dari 10.

Ketiga pemain berpengalaman itu adalah Elie Aiboy (46 caps) yang bermain untuk Semen Padang di kompetisi LPI, lalu Oktovianus Maniani (19 caps, tengah tidak terikat klub mana pun), dan Irfan Bachdim (18 caps, Chonburi FC).

Sementara sisanya bahkan ada yang belum pernah berseragam merah putih sama sekali. Termasuk di antaranya tiga pemain naturalisasi asal Belanda yang digaet demi menambal kekurangan tim.

Pemain Amatir

Trio Cusell-Van Beukering-Maitimo dinaturalisasi untuk memperkuat tiga posisi kunci dalam tim, yakni bek, gelandang, dan penyerang. Pelatih Nil Maizar merasa jasa ketiganya dapat membantu timnas Indonesia yang tengah digerogoti bangsa sendiri dari dalam.

Maitimo adalah pemain belakang jebolan Feyenoord Rotterdam. Di masa remaja dia bermain bersama-sama Robin van Persie, Wesley Sneijder, and Arjen Robben. Adapun Van Beukering striker juga pernah membela Feyenoord, meski mendapat olok-olok sebagai John van Burgerking. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan