Mohon tunggu...
bunga zahra
bunga zahra Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa psikologi UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Dunia psikologi

Selanjutnya

Tutup

Love

Langkah-langkah Membangung Self-Love pada Remaja

17 September 2022   14:43 Diperbarui: 17 September 2022   14:57 67 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Love. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Prostooleh

Bunga Zahra
202210230311198
Universitas Muhammadiyah Malang
Email: bungazahr@gmail.com

Remaja masa kini memiliki tantangan yang cukup besar yang dalam tugas perkembangannya. Salah satu tugas perkembangan pada masa ini adalah proses adaptasi sosial, memperoleh pengakuan sebagai anggota kelompok baru di sekitarnya. Kebutuhan akan penerimaan dan konformitas kelompok membuat mereka menghadapi tantangan sebagai remaja masa kini. Tantangan akan muncul ketika mereka mulai dihadapkan pada ketidaksesuaian antara harapan dan tuntutan dalam standar kecantikan yang direpresentasikan melalui penilaian citra tubuh. Kesejahteraan subjektif adalah evaluasi diri dari kehidupan seseorang berdasarkan evaluasi emosi efektif dan positif ( diener,Lucas, &Oishi 2021). Data dikumpulkan dari 91 remaja di SMAN 4 Batam yang hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan pearson's product moment bahwa citra tubuh berkorelasi signifikan dengan kesejahteraan subjektif pada taraf 0,589.  Padahal mencintai diri merupakan aspek yang paling penting bagi diri sendiri karena memiliki banyak manfaat. Namun masih banyak remaja yang tidak bahagia dengan apa yang dimilikinya, sehingga mengalami krisis kepercayaan diri. Oleh karena itu dalam penelitian ini bertujuan agar remaja menjadi diri sendiri dan mencintai dirinya sehingga dapat percaya diri. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, penyebarkan kuesioner, internet, studi pustaka, observasi, dan FGD (Focus Group Discussion), mendapatkan hasil bahwa menjalin hubungan baik dengan diri sendiri terlebih dahulu, dapat membangun hubungan harmonis bersama orang lain. menerima dan mencintai diri sendiri maka akan membuat diri jauh lebih bahagia secara nyata, sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri, dan menginspirasi orang lain untuk bahagia dengan apa yang dimilikinya agar dapat percaya diri. Self love berarti kamu mencintai dan menerima apa yang ada pada dirimu. Seseorang mampu menerima kelebihan dan kekurang pada dirinya sendiri akan lebih mampu mengontrol emosinya. Berikut ada beberapa langkah agar kamu bisa terapkan untuk mulai mencintai diri sendiri.


 
1.Mengenali Dan Menerima Diri Sendiri Terlebih Dahulu.

Langkah awal yang harus diterapkan untuk Mulai belajar mencintai diri sendiri dengan merima kelebihan dan kekurangan.

Mulailah bercermin untuk diri mu sendiri dan katakana kamu bisa, kamu berharga dan kehidupanmu hal yang lebih penting. Jika kita bisa mulai mencintai diri sendiri maka kita akan lebih berpikir positif.

2.Berhenti Membandingkan Diri Sendiri Dengan Orang Lain.

Mungkin sekarang kamu banyak melihat orang orang melalui sosial media, tapi dari itu muncul dampak negatif yang tidak kita sadari untuk diri kita sendiri.

Kurangi bermain sosial media yang membuat kamu merasa minder ataupun insecure. Perbanyak bersosialisasi Bersama keluarga maupun teman dilingkungan nyata jangan berfokus pada semua yang ada di dunia maya.

Tidak membandingkan proses diri sendiri dengan proses orang lain karena setiap proses itu berbeda beda tidak ada yang sama.

3.Berfokus Kepada Diri Sendiri

Mulailah fokus terhadap dirimu sendir tanpa berpikir penilaian orang lain seperti keluarga, teman, atau tetangga. Jangan khawatir dengan apa yang mereka katakana yang dapat menghalangi kamu melakukan sesuatu atau mengambil keputusan.

Belajarlah mencintai dan menerima dirimu sendiri agar kamu lebih mudah mengambil sebuah keputusan yang lebih positif. Hal ini tentunya lebih berpengaruh pada kesehatan fisik maupun psikis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan