Mohon tunggu...
ENI  Rahayu
ENI Rahayu Mohon Tunggu... Penulis - Blogger, content writer

Teacher, Blogger, Mompreneur, Writer bundadzakiyyah.com | bundaeni.com

Selanjutnya

Tutup

Financial

10 Tips Aman Mengelola Utang dan Piutang dengan Bank

18 November 2023   19:42 Diperbarui: 18 November 2023   20:16 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Siapa sih yang tidak pernah utang? Saya pun pernah utang, baik kepada saudara ataupun lembaga keuangan seperti bank.

Saya masih ingat betul ketika masih menjadi guru di madrasah swasta ada sebuah bank yang datang dan menawarkan pinjaman kepada pegawai dengan bunga yang sangat ringan.

Wah, dengan bunga di bawah satu persen siapa coba yang tidak tergiur? Apalagi hanya dengan jaminan Surat Keputusan (SK) pegawai dari yayasan. Sangat menggoda deh, dan hampir semua karyawan di madrasah tempat saya bekerja tersebut mengajukan kredit.

Tak terkecuali saya yang mengajukan pinjaman 10 juta dan saya gunakan untuk membeli laptop. Saya lupa berapa tepatnya jangka waktu kredit dan cicilannya karena hal tersebut terjadi pada tahun 2012.

Namun, saya ingat banget kalau pada bulan ke empat saya sudah melunasinya karena tunjangan saya cair, hehehe. Saya juga ingat pihak bank mengatakan, "apa nggak sayang kalau baru pinjam udah dilunasi?" 

Jujur ya, kredit tersebut adalah pinjaman pertama saya kepada bank dengan jumlah yang besar. Sebelumnya paling saya cuma pinjam ke sekolah aja dengan nominal ratusan ribu. 

Saya tidak bisa tidur dengan tenang, hahaha. Makanya setelah tunjangan sertifikasi saya cair ya langsung saya lunasi aja. Saat itu saya masih belum ada pengalaman utang sama sekali jadi agak was-was ya.

Namun, seiring berjalannya waktu saya pun tahu cara mengelola utang piutang dengan bank. Kebetulan orang tua dan saudara-saudara saya juga pernah mengajukan kredit ke bank dan saya mendapatkan edukasi perbankan gratis. Melalui cerita mereka tersebut saya pun bisa menyimpulkan tips aman mengelola utang piutang dengan bank.

10 Tips Aman Mengelola Utang dan Piutang dengan Bank

Mengelola utang dan piutang dengan bijak merupakan keterampilan finansial yang krusial dalam menjaga stabilitas keuangan pribadi atau bisnis. Terutama ketika berurusan dengan bank, memahami cara yang aman dan efektif untuk mengelola utang dan piutang adalah langkah penting. 

Berikut adalah sepuluh tips untuk membantu Anda mengelola utang dan piutang dengan bank secara aman dan efisien.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun