Mohon tunggu...
Humaniora Pilihan

Menjadi Guru yang Menyenangkan

24 April 2018   22:29 Diperbarui: 24 April 2018   22:39 736
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Menjadi Guru yang Menyenangkan

(Muhammad Taufiqul Huda)

151310003450

(Mahasiswa UNISNU Jepara)

Seiring dengan berjalannya waktu saya mulai berfikir tentang cara guru dalam mengajar pelajaran terhadap anak didiknya,meskipun saya belum berpengalaman dan belum menjadi guru namun,setiap ada guru bahkan dosen yang sedang mengajar saya selalu memperhatikannya,baik itu dalam mimik bicara,bercengkrama dengan anak didiknya,dan pemberian umpan balik antar keduanya.

Dari kejadian atau keadaan tersebut saya akan lebih mengerti dan memahami jika kelak nanti jika saya menjadi guru,dan saya pun bisa mengambil pelajaran yang lebih tentang cara-cara guru dalam mengajar peserta didiknya.Saya dapat mengambil pelajaran dari hal tersebut,dan saya akan menguraikannya dalam tulisan saya kali ini.

SELAMAT MEMBACA WAHAI ORANG-ORANG HEBAT 

Dari pengamatan yang selama ini penulis lakukan,penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa menjadi seorang guru (DIGUGU DAN DITIRU),itu tidaklah hal yang mudah seorang guru harus memiliki sifat yang baik,dikagumi,menyenangkan,dan dihormati oleh peserta didiknya,tidak hanya itu seorang guru juga harus bisa memposisikan dirinya baik itu dilingkungan sekolah maupun dilingkungan sekitar bahkan ditempat ia tinggal.

Perlu diketahui menjadi seorang guru yang profesioanal,guru harus benar-benar menempatkan dirinya dalam segala situasi bahwa ia adalah guru,dan ia harus benar-benar menjaga nama baiknya supaya ia terlihat lebih berwibawa dari guru yang enggan menjaga nama baiknya.

Tidak hanya itu wahai orang hebat,seorang guru juga harus memiliki sifat yang mudah ditiru oleh peserta didiknya,yang dimaksud penulis disini adalah sifat yang baik,yang bisa mendapatkan nilai lebih didalam diri peserta didiknya agar lebih berprestasi.Adapun cirri-ciri seorang pendidik yang menyenangkan adalah sebagai berikut,

1.Seorang guru juga harus Mengenali Nama Peserta Didiknya satu persatu,sebab hal ini akan memudahkan guru dalam berkomunikasi dengan peserta didiknya,dengan mengenali nama peserta didiknya hubungan antara guru dan peserta didik akan lebih terlihat harmonis dan saling memahami keadaan yang sedang mereka alami.Sebab jika seorang guru mengenal nama siswanya,didalam diri siswa akan ada rasa tersendiri dibenak siswa itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun