Mohon tunggu...
Bulan HemaRizani
Bulan HemaRizani Mohon Tunggu... Mahasiswa - De lunaa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Mengenal Apa Itu Playing Victim dalam Hubungan dan Cara Mengatasinya

21 Desember 2021   22:46 Diperbarui: 21 Desember 2021   23:40 4403 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Jangan sampai kekasih tercinta kita, melakukan playing victim dalam hubungan. Dampaknya sangat besar dan bahkan bisa berujung ke hubungan yang sifatnya toxic. Sangat merugikan diri sendiri dan kamu bisa saja merugikan orang lain juga.

Sebenarnya, apa itu playing victim? Bagaimana ciri-cirinya? Mengetahui tentang playing victim ini, sebenarnya penting bahkan sangat penting dalam menjalin hubungan. Berikut adalah pembahasannya.

Apa Itu Playing Victim dalam Hubungan

Sederhananya, playing victim adalah ketika seseorang menyalahkan kamu atau orang lain atas sesuatu kejadian atau kekacauan yang terjadi, padahal sebenarnya kamu atau orang lain, tidak pantas disalahkan karena memang kenyataannya tidak demikian.

Pada dasarnya orang-orang yang gemar melakukan playing victim apa lagi dalam sebuah hubungan, akan memperlihatkan bahwa dirinya berposisi sebagai korban dan merasa paling tersakiti atas kekacauan yang terjadi, padahal sebenarnya, kekacauan terjadi, bisa saja karena ulahnya. Mengerikan bukan?

Setiap insan, mempunyai pasangan yang mampu mendukung, menjaga, adalah hal yang paling didambakan. Adanya pasangan yang menemani hari-hari, mendukung, dan menjaga, membuat kita semakin kuat, semakin dewasa, semakin tegar dalam mengarungi berbagai masalah dalam hidup.

Namun, jika pasangan kita ternyata gemar melakukan playing victim dalam hubungan bukannya membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi, malah membuat kita ditimpa masalah yang sebenarnya tidak harus terjadi. Sangat merepotkan.

Kamu harus benar-benar selektif dalam memilih pasangan. Kenali dulu, apakah orang yang ingin kamu jadikan sebagai pasangan, teman hidup kamu adalah orang yang gemar berdrama atau orang yang suka mengungkit-ungkit kesalahan kecil yang sebenarnya tidak perlu lagi diungkit.

Dua ciri-ciri itu adalah ciri-ciri dasar pasangan suka bermain playing victim, walau tidak semuanya juga karena orang yang gemar playing victim sangat sulit dilihat karena kurangnya indikasi yang jelas.

Namun, kalau sudah terlanjur terjebak dengan pasangan yang suka bermain playing victim bagaimana? Mau berpisah, sudah terlanjur sayang. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah pembahasan cara mengatasi pasangan yang suka bermain playing victim dalam hubungan bagi kamu yang sudah terlanjur terjebak dengan pasangan seperti ini. 

Cara Mengatasi Pasangan Playing Victim dalam Hubungan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan