Bugi Sumirat
Bugi Sumirat Author, trainer, blogger & vlogger yg pns

Ber-KTP DKI, bekerja di Makassar sebagai pns. Senang berbagi pengalaman dan belajar dari pengalaman orang lain, minimal untuk menambah modal sosial pribadi (human capital - social capital). Wahana saya untuk berbagi antara lain melalui Kompasiana dan website pribadi. Kontak: bugisumirat@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Kurio, Teman Setia Waktu Pagiku

12 September 2017   23:45 Diperbarui: 13 September 2017   09:34 191 0 0
Kurio, Teman Setia Waktu Pagiku
Kurio sensasi generasi 'milenia' (Dokumentasi Pribadi)

Biasanya,  datangnya (notifikasi) Kurio berselisipan dengan alarm bangun pagiku.  Entah Kurio yang duluan,  atau alarm HP yang duluan berbunyi.  Tapi biasanya saat saya memegang HP untuk pertama kali di waktu pagi, sekelebat notifikasi dari Kurio sudah bertengger di sudut kiri atas HP, seolah-olah memberi tanda ucapan, "selamat bangun pagi, ini lho info dari Kurio yang perlu kamu baca. Ayo,  kamu selalu ingin lebih tahu berita di sekitarmu toh...  ya kan...  Ayo buruan lihat Kurio yaaa."

Segera setelah shalat subuh, sambil nunggu air mendidih untuk nyeduh kopi, nggak pake mandi dulu, jemari tangan sudah lincah geser-geser screen HP cari topik-topik berita Kurio yang menarik untuk dibaca, terutama yang direkomendasikan atau di highlight oleh Kurio.

Favorit saya dari aplikasi Kurio ini adalah berita-berita yang ada di subjek: Top Stories, Unik, Health, News dan Lokasimu.

Awalnya sempat ragu juga kalau Kurio sama seperti beberapa aplikasi berita lain, kadang berisi hoax. Atau mungkin judul yang nggak sesuai dengan isi atau konten tulisan. Biasanya kalau membaca berita dari aplikasi penyedia berita yang memuat informasi-informasi seperti ini, saya berkomentar dalam hati,"Bah!  Berita macam mana pula ini" - meniru gaya-gaya orang suku Batak, dengan nada suara yang diberat-beratkan.

Tapi untungnya, Kurio nggak pernah menyampaikan informasi 'macam tu'. Apalagi Kurio sudah mendeklarasikan diri sejak awal bahwa Kurio anti hoax, karena Kurio menggunakan teknologi machine learning.

Kuriopun menyediakan tab 'lokasimu', artinya penikmat Kurio seperti saya ini dapat mengetahui dan membaca berita-berita yang sesuai dan relevan dengan lokasi dimana saya tinggal. Jadi karena saya berada di Makassar, dan bila ingin mengetahui berita-berita terupdate, ya tinggal nge-klik tab 'Lokasimu' itu.

Saat break di tempat kerja, biasanya saat coffee break (maupun saat break makan siang), sambil ngupi ya sambil baca-baca berita di Kurio (seperti dalam gambar).

Membaca Kurio itu menyenangkan dan 'minteri' (kata orang Jawa - artinya membuat pintar) karena bisa untuk nambah ilmu dan wawasan.

Untuk itu,  saya jadi ingin bertanya, sudahkah instal Kurio di HP kalian masing-masing? Kalau belum, buruan install yah. Nggak ada matinye dah dan yang pasti,  akan menambah wawasan kita hehehe.

Makassar, 12 September 2017


@kangbugi

Contoh info/notifikasi Kurio yang selalu masuk ke HP mengingatkan pembacanya (dok. Pribadi)
Contoh info/notifikasi Kurio yang selalu masuk ke HP mengingatkan pembacanya (dok. Pribadi)