Mohon tunggu...
Budi kenzin
Budi kenzin Mohon Tunggu... Manusia Biasa

Bukan Suasana Yang Selalu Di Ganti, Tapi HATI Yang Harus Di Perbaiki. HATI Yang Hidup Menghidupkan Suasana.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Menulis Semudah Bernafas

15 Oktober 2020   08:10 Diperbarui: 15 Oktober 2020   08:20 18 4 0 Mohon Tunggu...

Membaca judul di atas pastinya bakal terheran-heran dan dalam benak bertanya tanya. Apakah benar menulis semudah bernafas? Apa yang menjadi dasarnya? Pakai teori apa dan banyak pertanyaan yang muncul dalam pikiran kita. 

Itulah yang disampaikan Pak Cah bahwa menulis bisa seperti semudah bernafas. Kenapa bisa? Karena bernafas tidak perlu berpikir. 

Beliau menjelaskan ketika seseorang bernafas menghirup udara dari hidung dan mengeluarkannya dari mulut dilakukan secara alami tanpa ada proses berfikir. Itulah yang menyebabkan aktivitas bernafas jadi mudah. 

Begitupun dengan aktivitas menulis jika tidak dibarengi dengan berpikir maka menulis akan mudah, mengalir begitu saja. Menulis yang dibarengi aktivitas berpikir sama saja menulis sambil mengedit dan itu yang membuat menulis menjadi sulit. 

Perlu diketahui menulis dengan mengedit adalah aktivitas yang berbeda. Mengedit membutuhkan daya pikir ketika membuat tulisan agar menjadi bagus dan bermutu. Sedang aktivitas menulis tidak perlu berfikir. Tuliskan saja semua yang diingat dan yang terlintas dalam pikiran. Dengan begitu aktivitas menulis akan semakin mudah sama seperti bernafas. 

Pak Cah menyarankan agar bisa menulis semudah bernafas dengan menuliskan beberapa contoh tema yang beliau berikan. Berikut tema untuk memudahkan seseorang dalam menulis

1. Menuliskan Aktivitas Hari Kemarin
Seorang akan mengingat aktivitas di hari kemarin karena belum terlewat lama. Menulis kegiatan dari bangun tidur sampai tidur kembali. Hal itu akan mudah ditulis karena tanpa berfikir, hanya mengingat kegiatan yang sudah dilakukan. 

2. Menuliskan Rencana Di Hari Berikutnya
Ketika seseorang merencanakan aktivitas untuk hari berikutnya sudah pasti mengetahui apa saja yang akan dilakukan. Rencana tersebut jika ditulis maka akan mengalir begitu saja tanpa harus berfikir kembali. 

3. Membaca Buku Lalu Dituliskan Kembali
Meringkas isi dari sebuah buku atau sebagian bab dalam buku tersebut dengan bahasa sendiri. Tidak perlu mikir membuat tema atau ide hanya menuliskan saja dengan gaya bahasa sendiri. 

4. Membaca Artikel Lalu Tulis Ulang
Apa saja yang ditangkap setelah membaca artikel kemudian tulis ulang. Aktivitas tersebut akan melancarkan menulis. 

5.Mengikuti Forum Diskusi Atau Kajian
Menuliskan hasil dari diskusi atau setelah mengikuti kajian akan membiasakan proses menulis semakin lancar. Mencatat apa yang ditangkap oleh pikiran kemudian ditulis ulang tanpa harus berfikir dalam proses menulisnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x