Mohon tunggu...
Budi Susilo
Budi Susilo Mohon Tunggu... Lainnya - Bukan Guru

Nulis yang ringan-ringan saja. Males mikir berat-berat.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Tidak Usah Merisaukan Background Checking jika Bijak Menggunakan Medsos

14 September 2023   19:03 Diperbarui: 14 September 2023   19:08 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar media sosial oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Sebagian orang mengganggap background checking melalui media sosial tidaklah elok. Sebagian menganggapnya wajar.

Pertengahan tahun 2009 membuat akun Facebook. Itu awal keterlibatan saya dengan media sosial.

Berikutnya, entah tahun berapa, membuat akun Twitter, LinkedIn, Instagram. Tidak terlalu aktif di aplikasi tersebut, mengingat saya tidak terlalu menikmati "cara mainnya".

Lebih tertarik dengan Facebook. Jejaring sosial tersebut menghubungkan teman-teman lama, yang tidak saya miliki nomor teleponnya.

Tidak hanya itu, layanan itu meluaskan pertemanan ke lingkungan teman dari teman dan seterusnya.

Termasuk lingkaran pertemanan dengan Kompasianer yang memiliki akun FB. Pada tahun 2011 ikut membentuk grup di FB, berisikan para Kompasianer.

Belakangan saya mulai aktif di Twitter dan Instagram (juga Threads). Umumnya media sosial saya gunakan untuk membagikan tautan artikel Kompasiana.

Jadi saya menggunakan media sosial agar terhubung dengan lingkaran pertemanan, sesekali menunjukkan bahwa saya "masih hidup", berbagi (tepatnya: membagikan) tautan, dan untuk tujuan bersenang-senang.

Sebelumnya saya tidak berpikir bahwa jejaring sosial dapat menjadi Background Check Medsos bagi recruiter. Siapa juga yang mau merekrut senior seperti saya?

Bukan berarti mesti jaim atau berlebih-lebihan dalam berekspresi di medsos. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun