Mohon tunggu...
Bryanita Azizah Mioza
Bryanita Azizah Mioza Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta - 20107030041

NIM 20107030041

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pesona Wisata Keluarga Pantai Karang Jahe

8 Maret 2021   13:40 Diperbarui: 8 Maret 2021   14:09 56 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesona Wisata Keluarga Pantai Karang Jahe
masbidin.net

Siapa nih yang suka traveling? Disini saya akan berbagi cerita berdasarkan pengalaman pribadi saya ketika mengunjungi lokasi wisata Pantai Karang Jahe. Cerita ini mungkin cocok sebagai gambaran / referensi bagi kalian yang sedang mencari lokasi tempat wisata bersama keluarga / teman kalian. Tempat wisata ini terletak di Jawa Tengah bagian utara.

Dimana sih Pantai Karang Jahe itu? Pantai Karang Jahe berlokasi di Rembang, Jawa Tengah. Lokasinya terletak di Karang Jahe Beach, Jetakbelah, Punjulharjo, Kec. Rembang, Kab. Rembang, Jawa Tengah. Berbicara soal Rembang, di Rembang ini banyak sekali tempat wisata yang berhubungan dengan Pantai, karena Rembang memang terletak di daerah pesisir pantai. Nah, salah satunya adalah tempat wisata Pantai Karang Jahe. Pantai Karang Jahe ini termasuk salah satu destinasi wisata yang paling sering di kunjungi oleh wisatawan.

Cerita di balik Pantai Karang Jahe

rri.co.id
rri.co.id

Pada awalnya Pantai Karang Jahe hanyalah pantai yang memiliki hamparan pasir putih saja, kemudian warga Desa Punjulharjo beserta dengan Pemerintah Kabupaten Rembang mengubah Pantai tersebut menjadi destinasi wisata. Tak hanya itu mereka juga menanam ribuan pohon cemara di sepanjang pinggir pantai guna untuk mencegah terjadinya abrasi. Dan kini Pantai Karang Jahe telah menjadi tempat wisata idola untuk para wisatawan.

Disebut Karang Jahe karena sebelum dibuka untuk tempat wisata, pantai itu terkenal dengan pasir putihnya dan banyak ditemukan terumbu karang yang berbentuk seperti jahe. Seperti dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng, Rabu (11/12/2019), "banyak ditemui serpihan karang yang berbentuk mirip jahe di Pantai Karang Jahe".

Karang jahe ini terletak di pinggir desa, jadi jika kalian berkunjung kesana pastinya kalian harus melewati daerah pemukiman warga terlebih dahulu. Jarak tempuh sekitar +/- 800 meter dari gang masuk Desa Punjulharjo. Kemudian di tengah perjalanan menuju pantai kalian akan diberi tiket parkir / karcis untuk dapat masuk ke lokasi wisata, jadi kalian tidak perlu membayar tiket masuk lagi hanya cukup membayar parkir saja, kemudian kalian akan diarahkan untuk memarkirkan kendaraan kalian. Tempat parkir disana cukup luas, dan untuk biayanya :

  • kendaraan roda 2 Rp. 5.000,-
  • kendaraan pribadi roda 4 Rp. 10.000,-
  • mobil elf Rp. 15.000,-
  • bus ukuran sedang Rp. 25.000,-
  • bus ukuran besar Rp. 50.000,-

Lanjut masuk ke lokasi wisata, pertama kalian akan disuguhkan dengan pedagang yang menjual barang cindera mata sebagai oleh - oleh khas Pantai Karang Jahe. Selanjutnya kalian akan menemui banyak sekali warung yang menjual jajanan dan minuman. Lalu disepanjang pingir pantai kalian bisa melihat banyaknya pohon cemara. Dibawah pohon cemara yang rindang itu kalian bisa duduk dan berkumpul dengan teman / keluarga kalian menggunakan karpet yang sudah disediakan, jadi kalian tidak perlu membawa karpet dari rumah, hanya perlu membayar biaya sewanya saja.

Saat berada di lokasi wisata kalian bisa menikmati hamparan pasir putih yang bersih dan luas diiringi dengan desiran ombak pantai, selain itu sembari duduk di bawah pohon kalian juga bisa memesan minuman es kelapa muda sambil menghirup udara segar. Tak hanya itu disana kalian juga bisa berenang dan bermain di pantai bersama keluarga dan teman -- teman kalian, bahkan kalian juga bisa menyewa beberapa fasilitas yang di sediakan.

rayadventure.com
rayadventure.com
Menurut saya saat berada disana kurang lengkap rasanya jika tidak naik ATV karena disana kalian bisa jalan - jalan di atas hamparan pasir putihda melihat pemandangan sambil menaiki ATV. Untuk kalian yang tidak ingin naik ATV, disana juga terdapat fasilitas lain seperti, perahu karet, odong-odong, pelampung, dan perahu wisata. Bagi kalian yang tidak mau main basah -- basahan kalian bisa menyewa ATV / odong -- odong dan untuk kalian yang ingin berenang di pantai kalian bisa menyewa perahu karet / pelampung.

seringjalan.com
seringjalan.com
Disana kalian juga bisa menaiki perahu wisata / kapal bersama teman / keluarga kalian untuk menuju ke beberapa karang  yakni ke karang jahe, karang siwalan, dan karang gosong. Saat itu saya dan keluarga saya menaiki perahu wisata untuk menuju ke salah satunya, tapi belum sampai ke lokasi kita minta putar balik karena jaraknya masih cukup jauh dan waktu yang sudah terlalu siang. Namun saya tidak terlalu kecewa karena saya bisa melihat suasana di bawah laut yang begitu indah dengan airnya yang cukup bening. Untuk biaya sewa fasilitas sebagai berikut :
  • tenda Rp. 300.000,-
  • karpet Rp. 10.000,-
  • perahu karet Rp. 25.000,-
  • pelampung Rp. 10.000,-
  • ATV Rp. 25.000,- /15 menit
  • Odong -- odong Rp. 10.000 untuk dewasa dan Rp. 5.000,- untuk anak -- anak
  • Perahu wisata ke karang jahe Rp. 10.000/orang (min. 8 orang)
  • Perahu wisata ke karang siwalan 20.000/orang (min. 8 orang)
  • Perahu wisata ke karang gosong 30.000/orang (min. 8 orang)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN