Mohon tunggu...
Asep B
Asep B Mohon Tunggu... Editor - Asep Burhanudin mantan wartawan yang masih giat menulis

Ada bersahaja

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Antara Mak Erot dan Daun Bungkus Papua

6 Mei 2016   10:06 Diperbarui: 6 Mei 2016   10:30 5604
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Buah Merah: Seorang warga Bokondini, Tolikara, Tengah memikul buah merah khas Papua (Asep Burhanudin)

Siapa yang tak kenal Papua? Ini saya buktikan ketika empat tahun lalu, ketika pertama kali akan mengarungi provinsi paling timur Indonesia. Banyak SMS telepon maupun inbok. Intinya mereka berpesan, jangan lupa bawa noken, kotekaBuah Merahdansarang semut. Tanpa panjang lebar, Saya langsung iya- kan, pertanda, saya sendiri pun, selain paham yang dimaksud, juga tahu betul apa yang dipesan. Namun, saya sempat mengernyitkan dahi ketika membaca salah satu SMS yang berbunyi, “ Jangan ribut ya, saya pesen Daun Bungkus!”. Saya lupakan pesen itu, dan baru dibicarakan ketika kaki sudah menginjak tanah Papua dua hari kemudian. Pertama kali saya tanyakan ke sopir yang menjemput di Bandara Sentani, Jayapura. Dia hanya mesem, mengesankan ragu akan pertanyaan saya. Pembicaraan terhenti dan dilupakan begitu saja akibat cuaca panas Jayapura terasa mengganggu di badan.

dsc-0220-572c075a0e9773b50575e776.jpg
dsc-0220-572c075a0e9773b50575e776.jpg
Buah Merah: Khasiat Buah khas Papua, katanya bisa meningkatkan stamina tubuh (geowisata.net)

Namun, pertanyaan yang sama ulangi sepekan kemudian ketika saya sudah berada di Bokondini, sebuah distrik di Kabupaten Tolikara. Untuk bisa  mencapai distrik ini bisa seharian di jalan. Bahkan bila cuaca lagi tak bersahabat, harus menginap karena tak ada penerbangan.  Pemuda yang saya tanya ternyata belakangan mengaku pernah kuliah di Bandung. Ia mengatakan, di daerah Anda ada Mak Erot, nah  di sini  ada ramuannya.

 Oh ternyata yang saya tanyakan itu terkait erat dengan dunia kejantanan laki laki. Menurut dia, saking ampuhnya ramuan tradisional asal Papua tadi, pihak Polda Papua sudah mengeluarkan edaran resmi yang intinya, pelarangan penggunaan obat tersebut bila mau daftar menjadi anggota kepolisian. Sanksinya, pihak kepolisian tidak akan menerima mereka jika tetap ngotot daftar. Di mata polisi, si pemakai ramun ini sudah tak wajar, selain tak enak dipandang, juga pertanda mental si pemuda sudah rusak. Obrolan ini malah membuat saya bingung. Ade Ape Dengan Daun Bungkus?

dsc-3372-572c07bc6323bd890555e615.jpg
dsc-3372-572c07bc6323bd890555e615.jpg
Pemuda Papua: Seorang tokoh masyarakat bersama dua  pemuda Papua warga Distrik Karubaga, Ibu Kota Tolikara (Asep Burhanudin)

Kebingungan mulai terjawab, namun cara menyampaikan info pada Andalah kebingungan beralih. Salah tulis, saya bisa dituding fulgar, tak sopan. Dari sini, sebelumnya saya mohon maaf bila dalam tulisan nanti terdapat ungkapan yang berlebihan, yang berbuntut tudingan.

Mak Erot, namannya melegenda di seantero P Jawa, bahkan mungkin se Indonesia. Ini bisa dibuktikan dengan pengakuan pemuda Papua tadi, yang tahu nama Mak Erot.  Wanita kelahiran Cigadog, Desa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi,Jawa Barat, semakin popular ketika  Moamar Emka, novelis kontroversial ternama, mengaitkan namanya pada buku berjudul Ade Ape Dengan Mak Erot. Tak sampai di situ, kiprah Mak Erot pun sempat difilmlayarlebarkan. Di sini, bisa jadi kepopuleran Mak Erot melebihi keahliannya.

dsc-3358-572c08436323bd800555e617.jpg
dsc-3358-572c08436323bd800555e617.jpg
Membuat Noken: Seorang Ibu rumah tangga di Tolikara tengah membuat noken di depan honainya ( Asep Burhanudin)

Berbeda dengan Daun Bungkus asal Papua, namanya nyaris tak terdengar dibanding khasiatnya itu sendiri. Padahal di Papua, tempat Daun Bungkus diperoleh, sudah menggejala, terutama bagi sebagian kaum remaja di sana. Sampai sampai Polda Papua mengeluarkan edaran resmi pelarangan  penggunaanya.

Pemuda yang saya ajak ngobrol tadi bersiloka ketika ditanya ihwal si pemakai tak enak dipandang ,  dengan mengibaratkan anak kucing yang kebetulan tengah tidur di kursi. Ia menyuruh saya membayangkan bila kucing ini diselimuti taplak meja di sampingnya. Menurutnya, seperti itulah penampilan remaja di sana bila sudah memakai Daun Bungkus ini ketika berjalan. Mereka seperti tengah mengantongi kucing di selangkangannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun