Mohon tunggu...
Riyo Arie Pratama
Riyo Arie Pratama Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Content Creator

"Semua Bisa Diklahkan Kecuali Tuhan"

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Tips Belajar Efektif buat Siswa

19 Januari 2022   09:36 Diperbarui: 19 Januari 2022   09:37 112 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dilansir dari Wikipedia, "belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respons". Artinya ada relevansi adanya usaha dan hasil dalam proses belajar itu sendiri. 

Menurut saya, belajar merupakan proses dimana seseorang tidak mengetahui suatu konsep hingga menjadi paham. Lebih simpel lagi, belajar merupakan proses tidak tahu menjadi tahu.

Untuk dapat melaksanakan atau melakukan pembelajaran yang efektif untuk kalian, ada beberapa hal yang harus kalian pahami atau ketahui terlebih dahulu. 

Pertama, yang harus kalian lakukan adalah berdo'a. Karena do'a menjadi pintu atau awal yang baik untuk sesuatu yang baik. Selanjutnya yang kedua, kalian harus mengenali diri kalian, orang yang seperti apa kalian? 

Maksudnya, apa kalian orang yang senang dengan hal-hal yang sepi agar fokus dalam belajar atau kalian justru nggak bisa terlalu fokus untuk belajar karena biasanya mengantuk.

Kalau merujuk diri pribadi, saya termasuk yang golongan kedua. Jika saya belajar dalam keadaan yang terlalu sepi dan terlalu hening, itu malah akan membuat saya cepat mengantuk. Begitu juga saat saya belajar dengan terlalu serius atau terlalu fokus. 

Jadi yang pertama untuk siswa atau kalian semua yang merasa dirinya kalau belajar itu harus fokus harus sepi harus senyap, maka carilah tempat belajar yang nyaman menurut kalian yaitu yang sepi, tenang, bisa membuat kalian fokus.

Kemudian untuk kalian yang golongan kedua yang mudah mengantuk kalau terlalu fokus maka lakukanlah belajar sembari melakukan aktivitas lain yang bisa dilakukan bersamaan. 

Namun perlu ingat juga ya, jangan belajar sambil cuci piring misalnya. Karena hal itu sulit untuk dilakukan. Jadi lakukanlah dengan aktivitas yang mungkin dilakukan bersamaan dengan belajar, misalnya mendengarkan musik. 

Jadi saat belajar kalian bisa sembari mendengarkan musik atau sambil nonton TV. Saat kita membaca buku dan mulai ngantuk, sesekali bisa kita selingi dengan melihat TV kemudian setelah beberapa saat kembali lagi belajar. Itu merupakan salah satu pola belajar untuk mereka yang tidak suka keheningan atau terlalu fokus.

Setelah tadi kita mengenal diri dan memilih cara belajar yang cocok, selanjutnya tips ketiga, kalian itu harus punya target yang harus kalian capai dalam belajar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan