Mohon tunggu...
KKN UM Desa Jabung
KKN UM Desa Jabung Mohon Tunggu... Mahasiswa KKN UM Angkatan 2016

Kelompok Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang di Desa Jabung, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar mulai dari 20 Mei sampai 08 Juli 2019

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Monitoring Kesehatan untuk Tingkatkan Angka Harapan Hidup, Mahasiswa KKN UM Membantu Kegiatan Posyandu Lansia di Desa Jabung, Kabupaten Blitar

23 Juni 2019   00:36 Diperbarui: 23 Juni 2019   00:52 154 0 0 Mohon Tunggu...
Monitoring Kesehatan untuk Tingkatkan Angka Harapan Hidup, Mahasiswa KKN UM Membantu Kegiatan Posyandu Lansia di Desa Jabung, Kabupaten Blitar
Mahasiswa KKN UM Membantu Kegiatan Posyandu Lansia di Desa Jabung, Kabupaten Blitar 

Desa Jabung, Kabupaten Blitar - Kelompok KKN Universitas Negeri Malang (UM) membantu program pelayanan masyarakat yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa yang tertuang dalam kegiatan Posyandu Lansia. Kegiatan Posyandu Lansia yang diselenggarakan bertujuan untuk memberikan pelayanan serta membina kesehatan masyarakat usia lanjut di Desa Jabung, Kabupaten Blitar. 

Setiap bulan, kegiatan ini secara rutin dilaksanakan pada hari kamis minggu kedua. Kegiatan Posyandu Lansia mencakup pemantauan berat badan, tensi darah, serta konsultasi yang dilakukan antara para masyarakat usia lanjut dengan bidan yang telah berkompeten di bidangnya. Dalam hal ini, Mahasiswa KKN UM turut serta membantu serangkaian kegiatan dalam Posyandu Lansia.

Masyarakat desa Jabung yang berada dalam rentang usia lanjut sangat berantusias dalam mengikuti program ini. Secara tidak langsung, dapat dikatakan bahwa tingkat kesadaran akan kesehatan dalam diri warga desa Jabung, Kabupaten Blitar sangat tinggi. Hal ini terbukti dengan banyaknya rarga desa dalam rentang usia lanjut yang mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan Posyandu Lansia ini dilaksanakan secara berkelanjutan dan bertempat di Polindes Desa Jabung, Kabupaten Blitar. Beberapa warga yang hadir untuk melakukan pemantauan serta pengecekan kesehatan di Posyandu Lansia mengatakan bahwa, kegiatan Posyandu Lansia ini sangat membantu untuk mengetahui kesehatan para warga Lansia agar mereka dapat mencegah, mengatasi, serta memprogram kesehatan usia lanjut. 

Dengan dibimbing oleh bidan yang berkompeten, warga desa lansia memperoleh pengarahan-pengarahan yang berkaitan dengan kesehatan-kesehatan yang harus mereka jaga. 

Pengarahan juga membantu para warga lansia dalam mengetahui bagian-bagian tubuh yang rentan mengalami gangguan ketika usia lanjut serta diberikan obat terkait dengan gangguan yang dialami warga lansia. 

Pemberian obat-obatan seperti Vitamin yang digunakan untuk menunjang kesehatan para Lansia juga diberikan secara gratis dalam program ini.

Antusiasme Warga Lansia Ketika Mendapatkan Bantuan Kesehatan di Posyandu Desa Jabung, Blitar 
Antusiasme Warga Lansia Ketika Mendapatkan Bantuan Kesehatan di Posyandu Desa Jabung, Blitar 

Selain itu, kegiatan Posyandu Lansia juga melibatkan anggota PKK desa Jabung. Ibu-Ibu PKK ini bertanggung Jawab untuk menyediakan konsumsi sehat yang diberikan kepada warga Lansia. Konsumsi sehat diberikan setelah serangkaian pengecekan kesehatan selesai dilakukan. 

Dengan adanya partisipasi dari beberapa pihak berpengaruh terhadap keberlangsungan kegiatan posyandu lansia ini. Tertibnya pelaksanaan program ini, diharapkan agar kesehatan para Lansia dapat terpantau dengan baik untuk meningkatkan angka harapan hidup warga desa Jabung, Kabupaten Blitar.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x