Mohon tunggu...
KKN UM Desa Jabung
KKN UM Desa Jabung Mohon Tunggu... Mahasiswa KKN UM Angkatan 2016

Kelompok Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang di Desa Jabung, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar mulai dari 20 Mei sampai 08 Juli 2019

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Berlatih Menggunakan Media Pembelajaran Bagi Guru SDN Jabung, Kabupaten Blitar

22 Juni 2019   22:31 Diperbarui: 22 Juni 2019   23:16 24 0 0 Mohon Tunggu...
Berlatih Menggunakan Media Pembelajaran Bagi Guru SDN Jabung, Kabupaten Blitar
Pelatihan Media Pembelajaran Bagi Guru SDN Jabung, Blitar

Desa Jabung, Kabupaten Blitar - Dalam dunia pendidikan, media pembelajaran mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran sendiri memiliki tujuan agar proses belajar mengajar lebih efektif dan mudah diterapkan. Tetapi realitanya media pembelajaran sering terabaikan dengan alasan terbatasnya waktu untuk membuat persiapan mengajar, sulit mencari media yang tepat, dan tidak tersedianya biaya. Agar proses belajar mudah dan efisien, pendidik harus memilih media yang relevan dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

Media merupakan suatu alat atau sarana atau perangkat yang berfungsi untuk menyampaikan informasi. Sedangkan media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat pembelajaran yang menjurus ke arah terjadinya proses belajar.

Pada hari Jum'at tepatnya pada tanggal 21 Juni 2019, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan media pembelajaran kepada Guru SDN Jabung, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu guru agar se-kreatif mungkin dalam memilih dan menggunakan media yang tepat untuk proses kegiatan belajar mengajar agar siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran yang akan dicapai.

Foto Media Pembelajaran yang Diberikan Kepada SDN Jabung, Blitar
Foto Media Pembelajaran yang Diberikan Kepada SDN Jabung, Blitar

Pada kesempatan kali ini anggota KKN Universitas Negeri Malang memilih dua media pembelajaran antara lain Jaring-Jaring Bangun Ruang, dan Blok Pecahan dan Pembulatan Bilangan Desimal. 

Pada pelaksanaanya, anggota KKN Universitas Negeri Malang membuat media yang telah dipilih tersebut, lalu melaksanakan kegiatan ini di SD yang telah dipilih. Kegitan ini diikuti oleh seluruh guru dan para guru juga berantusias sangat tinggi dalam mengikuti pelatihan dan pendampingan ini.

Ibu Kepala SDN Jabung, yaitu Ibu Enik berpendapat, "Kegiatan ini sangat membantu para guru dalam memilih media yang tepat dan efisien sehingga materi mudah dipahami oleh siswa". 

Para guru berharap dalam kegiatan kali ini para guru di SDN Jabung dapat lebih kreatif dalam menerapkan media pembelajaran tersebut kedepanya sehingga siswa tidak merasa bosan dan lebih antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x