Mohon tunggu...
KKN UM Desa Jabung
KKN UM Desa Jabung Mohon Tunggu... Mahasiswa KKN UM Angkatan 2016

Kelompok Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang di Desa Jabung, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar mulai dari 20 Mei sampai 08 Juli 2019

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Ternak Gemuk, Harga Masuk, Peternak Hidup Penuh dengan Kerukunan di Desa Jabung, Kabupaten Blitar

22 Juni 2019   20:19 Diperbarui: 22 Juni 2019   22:24 54 0 0 Mohon Tunggu...
Ternak Gemuk, Harga Masuk, Peternak Hidup Penuh dengan Kerukunan di Desa Jabung, Kabupaten Blitar
Pelaksanaan Pelatihan Manajemen Pengembangan Peternakan di Desa Jabung, Blitar

Desa Jabung, Kabupaten Blitar - Desa Jabung merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar. Sebagian besar penghasilan warga desa Jabung berasal dari sumber daya pertanian dan peternakan. Melihat sumber daya yang besar tersebut, Pemerintah Desa Jabung bekerja sama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Blitar dan dibantu oleh mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang memberikan penyuluhan mengenai "Pelatihan Manajemen Pengembangan Peternakan".

Sosialisasi ini diadakan pada tanggal 18 Juni 2018, yang diikuti oleh warga desa Jabung khususnya petani dan peternak. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah memberi wawasan mengenai makanan fermentasi bagi ternak yang nantinya dapat dijadikan sebagai pengganti makanan ternak (rumput).

Narasumber dari Dinas Peternakan Kabupaten Blitar menjelaskan bahwa makanan fermentasi jauh lebih baik dibandingkan dengan makanan ternak pada umumnya (rumput). Makanan fermentasi mengandung banyak serat dan gizi, sedangkan rerumputan lebih banyak mengandung air sehingga ternak yang diberi makanan fermentasi lebih cepat gemuk.

Foto Pembuatan Pakan Sapi Ternak Ketika Proses Pelatihan
Foto Pembuatan Pakan Sapi Ternak Ketika Proses Pelatihan

Peserta pelatihan diajak secara langsung untuk membuat 2 macam makanan fermentasi untuk peternak dan 1 macam pupuk dari kotoran ternak untuk pertanian. Tujuan narasumber memberikan 2 pilihan macam makanan fermentasi yaitu untuk memberi pilihan pada hewan milik peternak karena apabila tidak cocok dengan makanan fermentasi yang satu bisa menggunakan pilihan yang satunya.

Makanan fermentasi ini dapat menambah nilai jual hewan ternak dikarenakan berat badan hewan ternak cepat gemuk. Selain itu warga desa Jabung juga dapat menjual hasil makanan ternak fermentasi kepada peternak lain sehingga meningkatkan pendapatan peternak desa Jabung.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x