Mohon tunggu...
Brigita Adven Novani
Brigita Adven Novani Mohon Tunggu... Talk about financial technology, and addicted to share about Korean Drama

Accounting student at Sanata Dharma University, Yogyakarta. I am a financial analysis, and accounting information system enthusiast. I really hope that I can help people who need financial information about a company, or agency. I hope my contribution can help the company or agency to increase their performance, especially in a financial report.

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Hai Generasi Z, Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Investasi di Usia Muda

17 Juni 2021   11:19 Diperbarui: 17 Juni 2021   11:33 156 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hai Generasi Z, Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Investasi di Usia Muda
pexels.com/Liza Summer

Halo, Indonesia Muda. Dewasa ini investasi sedang ramai diperbincangkan, ya. Apalagi banyak anak muda yang gemar memamerkan hasil investasi mereka. Apakah teman-teman mengerti apa yang dimaksud dengan investasi?

Menurut Prof. Dr. Jogiyanto Hartono, MBA. Akt dalam bukunya yang berjudul "Teori Portofolio dan Analisis Investasi", investasi adalah penundaan konsumsi sekarang untuk digunakan di dalam produksi yang efisien selama periode waktu tertentu. Lalu, mengapa anak muda sebaiknya mulai melek investasi? Mari kita pahami bersama..

1. Berguna untuk mempersiapkan hari tua 

pexels.com/pixabay
pexels.com/pixabay
Usia muda bukan berarti tidak bisa mempersiapkan dana untuk di usia tua, lho. Apabila kita berinvestasi di usia muda, dan dijual di saat usia tua, pasti akan berlipat-lipat keuntungannya. Sehingga jumlah aset yang kita investasikan, nilainya akan bertambah di saat kita tua nanti. 

Dana hari tua bisa digunakan untuk kesehatan ataupun liburan pada saat sudah pensiun. Wah, usia memang boleh bertambah, tetapi semangat harus seperti waktu muda, ya, gengs! 

2. Berkontribusi terhadap kelancaran kegiatan operasional sektor BUMN dan BUMS di Indonesia

pexels.com/Jopwell
pexels.com/Jopwell

Tahukah kamu bahwa di dalam Bursa Efek Indonesia terdapat banyak perusahaan yang menjual saham untuk memenuhi modal usaha mereka. Ketika kita menanamkan modal di perusahaan tersebut, tentu kita sudah membantu perusahaan untuk melakukan kegiatan operasionalnya termasuk membayar gaji sumber daya manusia di perusahaan. 

Bonusnya, kita akan mendapat pembagian laba atau yang sering disebut dividen. Dividenlah yang menjadi keuntungan kita saat menanamkan modal tadi. Kita pun juga akan dianggap sebagai investor sekaligus menjadi salah satu pemilik perusahaan yang kita tanamkan modalnya. Tetapi perlu diingat, bahwa perlu dilakukan analisis dan kesiapan mental lebih la njut supaya aset kita selalu  aman ya, gengs!

3. Membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN