Mohon tunggu...
Brian Prasetyawan
Brian Prasetyawan Mohon Tunggu... Guru - Guru SD, Blogger

Generasi '90an, Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI, Ketua Komunitas Cakrawala Blogger Guru Nasional, Menulis 3 buku solo & 14 buku antologi, Pernah menulis puluhan artikel di Media Cetak Ngeblog juga di www.praszetyawan.com

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

6 Stasiun Kelas Besar di Jakarta

4 September 2022   18:08 Diperbarui: 4 September 2022   18:10 754
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: edupaint.com

Suatu hari di ruang guru, saya ditanya guru kelas 6. "Pak Bri, stasiun kelas besar di Jakarta itu apa saja ya ?"

Beliau menanyakan hal tersebut karena terkait ujian sekolah kelas 6 mata pelajaran PLBJ. Hmm... pertanyaan menarik. Menurut pemikiran saya, stasiun kelas besar adalah stasiun yang melayani perjalanan jarak jauh (antar provinsi). Maka saya jawab "Sepertinya Stasiun Gambir, Stasiun Jatinegara, Stasiun Pasar Senen bu"

Lalu apakah benar pemikiran saya tersebut ? Maka, setelah itu saya mengecek di google. Saya juga jadi penasaran apa definisi stasiun kelas besar. Apakah karena besar bangunannya ? hehe

Kemudian saya menemukan PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN NOMOR: PM. 33 TAHUN 2011 Tentang JENIS, KELAS DAN KEGIATAN  STASIUN KERETA API 

Pada Pasal 14 ayat 1 tertulis:

Pengelompokan kelas stasiun kereta api sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan berdasarkan kriteria: 

a. fasilitas operasi; 

b. jumlah jalur; 

c. fasilitas penunjang; 

d. frekuensi /alu lintas; 

e. jumlah penumpang; dan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun