Mohon tunggu...
Brayen Indrawan
Brayen Indrawan Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mari, bersama belajar Jurnalisme dalam Multimedia

Selanjutnya

Tutup

Digital

Rekam Jejak Jurnalisme Online dari Masa ke Masa

24 September 2019   02:52 Diperbarui: 24 September 2019   14:36 0 0 0 Mohon Tunggu...
Rekam Jejak Jurnalisme Online dari Masa ke Masa
Source: linkedtechsa.co.za 

Hadirnya jaringan internet seakan membuka gerbang akan lahirnya media online. Seiring waktu, media juga terus berevolusi untuk memperbaiki diri hingga menjadi sebuah media yang dapat menjadi wadah bagi jurnalisme online.

Media online tumbuh pesat sekitaran tahun 1990-an dalam rupa jaringan yang disebut World Wide Web (WWW). Tim Barners Lee melakukan percobaan dan menemukan program editor dan browser ternyata mampu menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya.

Jejak Lampau Media Online

Jejak awal media online dimulai ketika Ted Nelson seorang mahasiswa Sosiologi Harvard merumuskan konsep hypertext pada tahun 1963. Ketika menjadi seorang Profesor Sosiologi di Vassae College di tahun 1965, Nelson mencoba memberikan kuliah yang dikutip dalam koran mahasiswa dan ini menjadi lahirnya referensi cetak pertama 'hypertext' di tanggal 3 Februari 1965.

Cikal bakal internet saat ini berawal dari ARPANET (1969) yang merupakan jaringan komputer buatan Departemen Pertahanan AS dengan tujuan awal untuk menahan serangan nuklir lawan di medan perang. Kemudian, jaringan tersebut berubah hingga sekarang menjadi DARPA (Defense Advanced Research Project Agency) sejak tahun 1972.

Perlahan tapi pasti, media online juga dirasa berawal dari teletext (1974) yang berkembang hingga hadirnya videotext pertama. Ini dinilai sangat interaktif dan mendukung komunikasi dua arah. Dengan adanya grafik dan tampilan foto membuat videotext jauh lebih baik dari teletext.

Di tahun 1981 -- 1982, muncul basis komputer pertama dengan tiga layanan online dial-up yaitu compuserve, the source dan prodigy. Lebih lanjut, komputer pertama dengan nama Macintosh milik Apple berhasil terjual 50.000 unit di tahun 1983.

dokpri
dokpri

Hadirnya Jurnalisme Online

Dengan berkembangnya WWW di tahun 1990-an, maka situs jurnalisme pertama di web dapat diluncurkan pada Oktober (1993) oleh University Florida. Artikel pertama tentang web muncul di New York Times.

Tidak hanya itu, surat kabar pertama yang menerbitkan melalui web, Palo Alto Weekly di California yang memulai posting dua kali seminggu. Hingga tahun 1995, telah lebih dari 150 outlet berita di Amerika Serika hadir dalam edisi online.

Beragam berita hadir dalam munculnya artikel atau surat kabar edisi online. Mulai dari pengeboman Kota Oklahoma, aksi bunuh diri anggota Heaven's Gate, hingga berita hoax terkait jatuhnya penerbangan TWA 800 oleh rudal angkatan laut AS.

Jurnalisme online terus memperbaiki diri dengan berbagai konten berita yang dimuat, hingga pada tahun 2000 situs-situs berita utama mulai melibatkan audiens dalam berita yang diliput.

Rekam Jejak Jurnalisme Online Indonesia

Hadirnya internet di tahun 1990-an juga membuka peluang bagi lahirnya jurnalisme online di Indonesia. Dengan layanan internet hadir secara komersil oleh Indonet, Indonesia memiliki jurnalisme online pertama yaitu Republika.co.id.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2