Mohon tunggu...
Ani Berta
Ani Berta Mohon Tunggu... Blogger

Blogger, Content Writer, Social Media Consultant, Accounting, Jazz and coffee lover, And also a mother who crazy in love to read and write.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan 1000 Hari Pertama Kehidupan

14 November 2017   07:45 Diperbarui: 10 Agustus 2019   13:34 0 1 1 Mohon Tunggu...
Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan 1000 Hari Pertama Kehidupan
Pembukaan Danone Blogger Academy oleh Mas Rizky (Kompasiana)

Melonjak gembira. Saat menerima telepon dari Kompasiana yang mengabarkan bahwa saya adalah salah satu yang lolos mengikuti Danone Blogger Academy (DBA). Dari sekian ratus yang mendaftar adalah suatu apresiasi buat saya.

Bagaimana tidak? Materi yang akan saya terima semua penting dan merupakan pengayaan. Ini tak boleh disia-siakan. Karena acara ini harus berjalan lancar, saya gerak cepat membereskan urusan gigi bungsu yang harus dioperasi dan gigi kiri atas yang harus ditambal. Ini jujur saja. Merupakan titik balik saya menjadi gerak cepat jadi mau mengurus gigi yang tak beres. Ini demi DBA supaya lancar.

Dari sekian materi yang saya dapatkan, akan banyak sekuel namun sekarang yang hendak saya tuliskan masih isu seputar Geakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK).

Walau bagaimana, dua isu ini masih sangat penting untuk diketahui masyarakat karena berpegang pada dasar dua hal tersebut, hidup sehat dan generasi berkualitas akan tercipta. Sifatnya berhubungan dengan banyak hal dalam isu kesehatan.

Materi dari Bapak Pungkas Bahjuri Ali (Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat Bappenas) dan Dr.Damayanti Rusli Sjarif menarik perhatian saya. Mengingat informasi ini sering didengungkan namun masyarakat masih sedikit kesadarannya untuk menerapkan informasi ini dalam keluarganya.

Pungkas Bahjuri Ali (Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat Bappenas)
Pungkas Bahjuri Ali (Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat Bappenas)
Germas yang lebih dulu didengungkan oleh Kementerian Kesehatan, disosialisasikan juga oleh Bappenas sebagai program dari perencanaan pembangunan nasional bidang kesehatan dan gizi masyarakat.

Germas yang terdiri dari; Melakukan aktivitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin dan berperilaku hidup bersih dan sehat. Penting dijalankan seluruh lapisan masyarakat.

Germas menurut Bapak Pungkas, merupakan salah satu sosialisasi dalam upaya terwujudnya prioritas nasional kesehatan. Suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan seluruh komponen bangsa secara bersama-sama dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Untuk mewujudkannya, diperlukan sinergi dengan lintas sektor dan Pemda. Sinergi ini terdiri dari penyediaan berbagai hal yang mendukung. Misalnya, kampanye pola hidup sehat dan bersih di sekolah dan tempat umum, penyediaan bahan pangan berkualitas, tersebarnya tenaga medis ke seluruh Indonesia, penyediaan infrastruktur untuk aktivitas fisik dan lain-lain.

Bapak Pungkas juga mengungkapkan bahwa kondisi penyakit di Indonesia sedang mengalami Transisi Epidemiologi yang menyebabkan perubahan dari penyakit menular ke penyakit tidak menular sehingga beban bertambah. Penyakit menular yang belum tuntas ditambah dengan maraknya penyakit tidak menular dan trauma. Maka, Germas harus dikampanyekan lebih luas lagi terutama untuk menyentuh kesadaran masyarakat untuk menerapkannya.

Penerapan gaya hidup yang sehat, mulai dari rumah, lingkungan sekolah, lingkungan kerja dan tempat umum. Sebaiknya perhatikan pola makan, jajanan sehat, tidak terlalu banyak beli makanan di luar dan perbanyak jalan kaki jika jarak tujuan tidak terlalu jauh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x