Mohon tunggu...
Bon Bon Fellas
Bon Bon Fellas Mohon Tunggu... Seorang mahasiswa blogging

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Hobby Ground, Ide Bisnis yang Mengumpulkan Para Pemilik Hobi Dalam Satu Komunitas

29 Mei 2019   18:59 Diperbarui: 29 Mei 2019   19:05 0 0 0 Mohon Tunggu...

Hobby Ground merupakan ide bisnis yang saat ini belum ada di Indonesia. Hobby Ground dapat diartikan sebagai tempat para anak muda yang memiliki suatu hobi in-door berkumpul. Saat ini, masih kurang tempat para orang-orang khususnya anak muda untuk menemukan komunitas yang memiliki hobi yang sama. Mereka harus mencari melalui internet ataupun omongan-omongan orang di sekitar. Itulah salah satu tujuan mengapa saya ingin membuat Hobby Ground ini.

Berikut adalah Business Model Canvas dari ide bisnis ini. Dimana ini berguna untuk mempermudah kita memahami mengenai ide bisnis ini.

BUSINESS MODEL CANVAS

  • Customer Segment

Tempat yang akan menjadi lokasi dari ide Hobby Ground ini yaitu daerah modern yang padat masyarakat. Alasan memilih daerah tersebut karena banyaknya populasi masyarakat khususnya anak muda yang suka nongkrong ataupun individu yang ingin mencari komunitas hobinya. Target konsumen dari Hobby Ground ini yaitu orang-orang khususnya remaja dan anak muda karena sifat mereka yang sering keluar bareng teman ataupun mengisi waktu kosong mereka melalui hobi mereka.

  • Value Proposition

Value proposition dari Hobby Ground yaitu menyediakan berbagai alat-alat hobi in-door seperti tenis meja, billiard, game console, arcade machine, dart, catur, card, bowling, computer dan lain-lain. Setiap ruangan masing-masing hobi akan dibedakan sehingga bisa memberikan leluasa pada setiap konsumen di suatu komunitas masing-masing. Adapun nilai tambah dari Hobby Ground yaitu menyediakan makanan dan minuman serta suasana yang mendukung untuk menambah kenyamanan para konsumen. Konsumen yang ingin makan atau minum tidak perlu membawa atau membeli dari luar karena sudah disediakan oleh Hobby Ground.

  • Channel

Dalam melakukan channel bisnis ini, saya akan menerapkan pengenalan Hobby Ground melalui mulut ke mulut dan media sosial. Dua cara tersebut sangat tepat dalam melakukan aspek channel ide ini karena target dari bisnis ini remaja dan anak muda dimana mereka sangat dekan dengan media sosial dan omongan-omongan serta saran dari orang-orang disekitar mereka.

  • Customer Relationship

Dalam menjaga hubungan dengan konsumen, kami akan membuat sebuah website, media sosial dan kartu anggota agar konsumen dan pihak Hobby Ground dapat selalu terhubung. Website dan media sosial bisa menjadi sarana Hobby Ground untuk memberikan informasi-informasi ataupun menghubungi konsumen. Ini adalah cara agar konsumen tidak lupa ataupun tertarik untuk datang kembali. Selain itu, kartu keanggotaan juga salah satu strategi Hobby Ground agar konsumen merasa terikat dan mereka bisa memberikan feedback postif serta daya tarik tersendiri kepada Hobby Ground. Kartu keanggotaan memberikan para konsumen berbagai penawaran menarik seperti promo.

  • Revenue Stream

Hobby Ground mendapatkan income dari penjualanan makanan, minuman, enterance fee serta kartu keanggotaan yang dibayar setiap bulan.

  • Key Resources

Key resources pada Hobby Ground yaitu makanan, minuman, tenis meja, billiard, game console, arcade machine, dart, catur, card, bowling, computer dan berbagai peralatan dalam ide tempat bisnis ini. Itu semua menjadi sumber kunci dalam menjalankan ide bisnis ini.

 

  • Key Activities

Aktifitas utama dari Hobby Ground yaitu penjualan makanan dan minuman kepada konsumen. Selain itu yang menjadi salah satu kunci aktifitas dalam bisnis ini adalah perkumpulan komunitas dari suatu hobi. Perkumpulan komunitas tersebut pastinya harus didukung dari lingkungan yang nyaman sehingga bisnis ini memiliki nilai tambah yang akan membuat mereka betah.

  • Key Partnership

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x