Mohon tunggu...
BOLANG
BOLANG Mohon Tunggu... Blogger

Komunitas ini merupakan wadah bagi para penulis Kompasiana asal Malang Raya dan sekitarnya. Bolang pernah meraih award sebagai Best Kompasiana Community di ajang ICD (Indonesia Community Day) Tahun 2017. Bolang itu suka "dolan tapi ora dolanan", seperti mengunjungi tempat-tempat wisata, sekolah, panti asuhan, sawah, dan UKM. Tak hanya jalan-jalan, Bolang itu juga berbagi dengan orang-orang kecil. Konten positif hasil perjalanan itu selanjutnya dishare di Kompasiana lewat beragam bentuk tulisan (artikel, opini, reportase, atau Fiksi). Group Facebook : BOLANG

Selanjutnya

Tutup

Event Komunitas Online Pilihan

[Update] Lomba Menulis: "Cerita Inspiratif dari Kampung Nila Slilir bersama Bolang"

7 Juni 2021   22:59 Diperbarui: 22 Juni 2021   21:20 314 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
[Update] Lomba Menulis: "Cerita Inspiratif dari Kampung Nila Slilir bersama Bolang"
Komunitas Bolang saat Panen Perdana di Kampung Nila Slilir (6/6/2021)|Foto Dokumen Bolang.


Bermula dari kesulitan mencari kerja akibat Pandemi Covid-19, Warga Kampung Slilir Kelurahan Bakalankarajan Kota Malang menciptakan inovasi budidaya ikan Nila menggunakan sistem bioflok. Bersyukur, usaha itu mendapat apresiasi di level nasional sebagai salah satu dari 99 Finalis Top Inovasi di ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2021.

Sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan Kampung Nila Slilir (KNS) sebagai "Sentra Intensif Budidaya Ikan Nila" (Si Ikan Nila)", Komunitas Blogger Kompasiana Malang (Bolang) mengadakan lomba menulis/membuat video yang sedianya berlangsung pada tanggal 8 - 22 Juni 2021, DIPERPANJANG hingga Minggu, 27 Juni 2021. 

Yuk ikuti lomba menulis/membuat video bersama komunitas Blogger Kompasiana Malang (Bolang). Tulisan/video mengangkat narasi seputar Kampung Nila Slilir (KNS) yang inspiratif. Para pegiat inovasi "Si Ikan Nila" tersebut hingga saat ini telah berhasil mengembangkan lebih dari 73 kolam ikan nila.

Nila-nila itu dibudidayakan dengan teknologi bioflok: memanfaatkan bakteri, tanpa kuras air, tidak berbau, dan efisien dilakukan di lahan-lahan sempit perkotaan.

Sentra KNS itu beralamatkan di Jl. Pelabuhan Tanjung Priok RT 02/RW 03 Slilir, Bakalankrajan, Sukun, Kota Malang. Lokasinya berada di sebelah Pondok Hidayatul Mubtadiin.

Bersyukur, Komunitas Blogger Kompasiana Malang (Bolang) dapat melakukan kolaborasi dan aksi pendampingan di sentra KNS. Kolaborasi bersama KNS ini membuahkan hasil. Pada hari Minggu (6/6/2021), Bolang menikmati panen perdana ikan nila di tempat itu.

Nah, setelah turut berinvestasi, pernah mengunjungi langsung tempat tersebut, atau terinspirasi setelah membaca atau mendengar kisah seputar KNS, silahkan tulis cerita Anda. Atau buat konten video dengan narasi yang menarik. Hadiah-hadiah berikut ini menanti Anda.

Ketentuan Lomba:

  1. Lomba ini untuk umum dan kompasianer, berlaku sejak tgl 8-27 Juni 2021
  2. Buat tulisan/video orisinil yang menarik
  3. Judul bebas, tema relevan dengan "Cerita Inspiratif dari Kampung Nila Slilir"
  4. Panjang tulisan antara 750-1.500 kata, sertakan foto-foto dan atau video yang mendukung
  5. Di akhir tulisan beri tagar #Bolang Bioflok Nila #Kampung Nila Slilir  #Si Ikan Nila
  6. Share tulisan/video di Kompasiana sesuai dengan ketentuan Kompasiana
  7. Pemenang akan dipublikasikan di Kompasiana pada 30 Juni 2021

Hadiah-Hadiah Lomba:

  1. Terbaik pertama: Voucher Investasi Bolang Rp 250.000 + Voucher Kompasiana + Kaos Bolang
  2. Terbaik kedua: Voucher Kompasiana + Kaos Bolang
  3. Terbaik ketiga: Voucher Kompasiana
  4. Terbaik keempat: Kaos Bolang

Selamat membuat konten positip yang menginspirasi dan bermanfaat. Kami tunggu karya terbaik Anda. Salam dari Bolang.

VIDEO PILIHAN