Uci Olyv
Uci Olyv Blogger

Mommy, Blogger

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Variasi Tempe Ubah Tempe Jadi "Magic Food"

6 Desember 2017   19:47 Diperbarui: 6 Desember 2017   22:06 492 6 5
Variasi Tempe Ubah Tempe Jadi "Magic Food"
Dok : BBC.com

Cuaca terik hari ini membuat seorang anak kelas 2 SD berjalan sempoyongan saat tiba di rumah dan memegang perutnya. Sebagai seorang Ibu, saya langsung panik dan terbersit pikiran negatif bahwa si kecil habis dipukuli. Kecemasan saya sirna saat anak saya Athar berkata "Ibu saya lapar, perutnya tadi bernyanyi". Kata-kata yang keluar dalam mulutnya membuat saya tersenyum.

Langsung saja kami duduk berkumpul di meja makan untuk mempersiapkan makan siangnya, hari ini saya buatkan sayur bayam dengan jagung dan tempe goreng. Namun kesedihan langsung menghampiri saya kembali saat dia berkata " Ngga mau tempenya, rasanya ga enak Bu".

Itulah segelintir cerita di rumah yang saya alami, saat sedang menyiapkan menu makan sehari-hari untuk si kecil khususnya. Sebagai Ibu saya selalu berusaha dalam keadaan apapun, untuk tetap memberikan asupan gizi yang terbaik setiap harinya agar mendukung proses tumbuh kembangnya.

Ditengah bervariasinya jajanan yang ada saat ini, saya masih mencintai tempe. Tempe yang masih dianggap rendahan bagi sebagian orang, sedangkan tempe memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik.

Tempe yang sering kita temui di warteg sehari-hari pada umumnya disajikan hanya dengan digoreng, dengan menggunakan tepung atau digoreng biasa saja. Penampilannya yang terkadang sangat kecoklatan akibat terlalu kering, membuat penampilannya semakin terlihat kurang elit. tempe memiliki nilai gizi dan potensi yang baik untuk kesehatan masyarakat.

Menurut riset melalui teman di dunia maya Facebook, penyajian tempe yang biasanya disajikan kepada si kecil di rumah adalah biasa hanya digoreng tepung , digoreng tanpa tepung, ditumis atau dioseng.

Impian saya adalah bagaimana membuat tempe memiliki image tempe yang berkelas dan bukan makanan murahan, karena kandungan gizi yang dimiliki oleh tempe sangat tinggi dan hadirnya konsep warung kekinian yang menyajikan olahan tempe yang dikemas secara variatif dan menggugah selera, yang saat ini masih sulit ditemui.

Sebenarnya telah ada pengusaha tempe Indonesia, yang saat ini telah meraup kesuksesan di Jepang karena tempe. Mengutip dari https://www.tribunnews.com Bpk Rustono, asal Grobogan, Jawa Tengah, sudah 16 tahun terakhir ini tinggal di Jepang dan sukses di bidang tempe, saat ini sudah menjual kepada 490 tempat di Jepang dari Hokkaido sampai ke bahkan sampai ke Korea, Meksiko, Hungaria, Perancis dan Polandia. Saat ini Bpk Rustono telah membangun pabrik tempe di Jepang dengan luas 4000 meter persegi di Jepang. Beliau belajar dari 40 pembuat tempe di Jawa Tengah, namun mengacu pada 12 pembuat tempe yang dia anggap sangat baik proses pembuatannya. Dan menurutnya di luar negeri mereka bilang ini 'magic food', dan di Meksiko disebut  'heaven food' ujar Pak Rustono via BBC.com.

Ada juga seorang pemilik warung tempe di London yang mengatakan ia sangat suka tempe dan belajar di banyak kota di Jawa sebelum akhirnya memutuskan untuk memproduksi sendiri dan menjual makanan Indonesia ini.

Beliau adalah William Mitchell yang memulai usaha dengan membuka warung tenda di London. William belajar di banyak tempat seperti di Malang, Blitar, Yogyakarta, Bandung, Jakarta. Di Inggris William menghadirkan Kari Kuning Tempe atau Lodeh jika di Indonesia. Warung ini selalu berjualan Rabu sampai Jumat (BBC Indonesia.com).

Dok : BBC.com
Dok : BBC.com


Dok BBC Indonesia.com
Dok BBC Indonesia.com

Dok BBC Indonesia.com
Dok BBC Indonesia.com
Menurut Made Astrawan di forumpe.org, pendiri Forum Tempe mengatakan tempe dapat ditemukan di sekitar 20 negara, termasuk Indonesia. Forum Tempe adalah forum, yang terdiri dari pakar gizi, pangan serta para produsen tempe. Menurut Pak Made melalui BBC Indonesia.com tempe bisa diproduksi oleh orang Indonesia yang tinggal di suatu negara seperti pak Rustono di Jepang, bisa juga oleh orang asli negara tersebut seperti yang di Meksiko, Prancis, Australia dan Inggris.

Dok BBC Indonesia.com
Dok BBC Indonesia.com

Forum Tempe beserta Pergizi Pangan Indonesia, organisasi pakar gizi, merencanakan akan membawa tempe ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Oktober ini untuk ditetapkan sebagai warisan budaya sebelum dilanjutkan ke badan PBB UNESCO.

MENGENAL TEMPE LEBIH DEKAT

Tempe merupakan produk fermentasi kacang kedelai oleh kapang Rhizopus Oligosporus yang dibuat dengan proses unik oleh nenek moyang Indonesia sejak beberapa abad lalu.

Ternyata Tempe berasal dari daerah Klaten, Jawa Tengah. Bukti sejarah menunjukkan bahwa tempe sudah sudah dikonsumsi sejak tahun 1700-an.

Ketua umum PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof Dr Hardiansyah MS melalui RepublikaOnline menyampaikan bahwa tempe mungkin di daerah lain sebelumnya sudah ada juga, tapi bukti secara tertulis tempe ini berasal dari Klaten.

MANFAAT TEMPE

Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan, Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE , Tempe merupakan makanan yang kaya gizi dan mengandung sejumlah penting protein nabati dan asam amino. (BBC.com 16 August 2015)

Tempe juga mengandung berbagai jenis Vitamin B. Untuk mineral, tempe mengandung antara lain besi, tembaga dan Zinc. Selain itu terdapat bahan seperti isoflavin, riboflavin, lemak nabati, fosfor, dan karoten.

Dikutip dari https://www.beritasatu.com 12 Juni 2013 Made Astawan, Ketua Forum Tempe Indonesia, di dalam sebutir kedelai terdapat kandungan asam amino esensial dan vitamin B12 yang baik bagi tubuh.

Kedelai sebagai bahan baku tempe memiliki kandungan isoflavon yang berfungsi sebagai antioksidan dapat melawan radikal bebas, sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit degeneratif.

Tempe mengandung 50 mg isoflavon, Isoflavon membantu mengurangi resiko kanker payudara dan prostat serta mengurangi kadar kolesterol.

Tempe juga memiliki serat pangan yang sangat baik, mudah dicerna dan diserap oleh tubuh sehingga bermanfaat bagi kesehatan usus. Selain kanker, tempe juga dapat mengurangi risiko penyakit gagal ginjal, osteoporosis, dan diabetes mellitus

GIZI DALAM TEMPE

Beberapa jenis nutrisi yang terkandung di dalam tempe :

1. Vitamin B12

Whitney Graduate Research Fund di Florida State University, 100 gram tempe mengandung 0,12 mikrogram vitamin B12. Sama dengan jumlah vitamin dari seperempat dada ayam. Seharusnya kita memerlukan vitamin B sebanyak 6 mikrogram perhari.

2. Protein

Tempe merupakan sumber protein yang sangat bagus. Setiap 100 gram tempe mengandung 17 gram protein. Sama dengan jumlah protein dari 100 g kaki ayam. Tempe mengandung protein lebih tinggi dari keju. Dan mengandung rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol.

3. Nutrisi Lainnya

100 gram tempe mengandung sekitar 80 mg kalsium.

Menurut Columbia University Health Services, kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolestrol, melidungi tubuh terhadap penyakit jantung, memperbaiki kepadatan tulang dan dapat menjadi kunci untuk mencegah osteoporosis.

Sumber : health.kompas.com

PROSES PEMBUATAN TEMPE

Melalui Danone Blogger Academy, saya berkesempatan mengunjungi Rumah Tempe Srikandi Geneng yang berada di Jalan Yogya-Solo Km 20 Desa Geneng, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten yang menghasilkan produk tempe dengan merk Echo Sari dengan tagline "Tempe Sehat Untuk Keluarga Kita" dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau Rp 3000 untuk ukuran 250 gr. Kami disambut dengan hangat oleh Ibu Lurah dan keripik tempe, jadah serta tempe olahan yang masih mentah.

Dok Kompasiana
Dok Kompasiana
Dok Kompasiana
Dok Kompasiana
Dok Kompasiana
Dok Kompasiana
Echo itu ternyata adalah sebuah singkatan, E untuk Enak , C untuk cocok untuk semua usia, H untuk higienis karena rumah produksi, peralatan dan proses pembuatannya mengikuti higienitas standar pangan dan O untuk original, dimana kedelai yang digunakan bebas dengan kulit dan hilium(mata kedelai)

Menurut informasi dari Ibu Lurah, kedelai yang digunakan adalah kedelai terbaik yang diolah secara higienis proses pembuatan tempe berlangsung sekitar 3 hari dan tempe tersebut dapat bertahan di udara luar sekitar 3 hari dan udara dalam kulkas bisa sampai dengan 7 hari.

Dok Kompasiana
Dok Kompasiana
Sayapun berkesempatan berbincang-bincang mengenai pembuatan tempe yang baik, dan melihat prosesnya secara langsung. Tapi sayang saat itu sedang tidak berlangsung proses peragian, dan pembungkusan. Sambil ditemani gemericik air hujan, saya hanya bisa melihat proses perebusan tempe dan tempe yang telah dibungkus plastik yang disimpan di dalam rak alumunium dan dipisahkan sesuai dengan usia tempe, usia 1 hari, 2 hari dan 3 hari.
Dok Kompasiana
Dok Kompasiana
Rupanya tempe dibuat dengan proses yang panjang sekitar 2-3 hari. Perbedaan tempe biasa dengan tempe Echo memang dapat terlihat secara jelas dari warnanya yang lebih putih, dengan potongan kacang kedelai yang besar-besar. Ternyata warna yang putih dihasilkan karena kacang kedelai yang digunakan telah dibuang kulit arinya, hal ini juga berdampak pada rasa tempe saat telah matang tidak berbau aneh.
Dok Kompasiana
Dok Kompasiana

Kami pun berkesempatan mencoba tempe goreng tanpa tepung yang digoreng kecoklatan, rasanya ternyata sangat enak, lembut dan tempe tidak bau.

OLAHAN TEMPE

Untuk menyiasati konsumi tempe di masyarakat ataupun anak, kita bisa membuat kreasi tempe agar kita dapat tetap memenuhi kebutuhan gizi yang kita butuhkan dan tidak bosan dengan tempe yang disajikan.

Dikutip dari www.republika.co.id 22 August 2015.Ketua Forum Tempe Indonesia, Prof Dr Made Astawan bahwa terdapat 3 teknik pengolahan tempe yang baik yaitu :

produk olahan tempe yang wujud tempenya masih terlihat, misalnya pada sambal lumpang, tempe goreng

produk olahan tempe yang wujud tempenya sudah tidak terlihat, tapi rasanya masih terasa seperti tempe, misalnya tepung tempe, sosis tempe, nuget tempe, brownies tempe.

Produk pengolahan yang membutuhkan bantuan industri karena ada isolasi komponen bioaktif tempe, seperti vitamin b12, isoflavin dan komponen bioaktif lainnya yang baik untuk kesehatan manusia. Hasilnya adalah suplemen kapsul, minuman ringan, atau sereal tempe yang saat ini sudah diproduksi di Bogor.

Bebby Astrika
Bebby Astrika

Menurut Bebby Astrika Sekarsari, S.Gz (Spesialis Gizi) yang dikonfirmasi melalui email, untuk menjaga kandungan gizi tempe, sebaiknya dimasak dengan cara dikukus atau direbus, hindari pengolahan dengan cara digoreng. Karena tempe umumnya digoreng dengan metode deep fried, yang memberikan kontribusi lemak jahat ke tubuh kita.

Penyimpanan Tempe

Menurut Bebby Astrika (Spesialis Gizi), Tempe bisa disimpan di suhu ruang atau kulkas, namun suhu ruang bisa membuat tempe menjadi cepat busuk karena suhu ruang yang cukup panas membuat jamur tumbuh lebih cepat dan merusak tempe menjadi busuk. Jika dikulkas tempe bisa bertahan selama 2-3 hari, namun harus tertutup rapat.

MEMILIH TEMPE YANG BAIK

Menurut Bebby Astrika Sekarsari, S.Gz (Spesialis Gizi), pilihlah tempe yang masih kenyal, berwarna putih , permukaan tempe tertutupi jamur berwarna putih. Jangan pilih tempe yang berwarna hitam, berbau busuk dan berlendir yang menandakan tempe sudah tidak bagus dan tidak layak dikonsumsi.

Cara mudah dalam mengidentifikasi tempe yang higienis dan tidak, Pak Made mengatakan tempe higienis dan yang tidak, bisa dibedakan tanpa harus melaui uji laboratorium.

Hal ini bisa dilihat dari penampilan, tekstur, kepadatan juga aroma, Kalau tidak higienis, tempe hanya bertahan satu hari pada suhu kamar. Dalam sehari saja tempe sudah tidak bagus.

Tapi kalau higienis, bisa bertahan dua sampai tiga hari dalam suhu ruang. Bahkan bisa sampai seminggu jika disimpan didalam suhu kulkas. Semakin higienis, semakin selektif mikroba yang masuk.

Sebaliknya, lanjut Made, semakin tidak higienis semakin banyak mikroba masuk. Mikroba ada yang patogen dan perusak, patogen penyebab penyakit sedangkan perusak akan merusak makanan.

Tempe yang tidak higienis akan cepat rusak dan rasanya asam.Tempe yang jelek, timbul warna hitam dekat lubangnya. Baunya tengik, karena produksi amoniak, protein akan cepat difermentasi lebih lanjut jadi amoniak, jadi baunya tidak bagus.

HARAPAN

Mari kita wujudkan bersama untuk tempe yang merupakan pangan sehat dan bergizi tinggi, bukan pangan kelas sosial ekonomi rendah dan menghilangkan persepsi negatif mengenai tempe bahwa tempe sebagai pangan kelas sosial ekonomi rendah tetapi makanan tradisional yang membanggakan.

Kandungan gizi tempe yang unik, dapat digunakan untuk mengatasi masalah gizi kurang pada masyarakat miskin, serta potensi untuk mencegah penyakit kronis. Tempe bukan sekedar makanan, tetapi memiliki nilai budaya, sejarah dan ekonomi bangsa dan simbol warisan bangsa Indonesia (https://www.change.org, https://www.forumtempe.org)

RESEP TEMPE KEKINIAN

Berikut beberapa resep tempe kekinian yang bisa dibuat di rumah,dijamin sekeluarga suka.

Bakso Tempe

(Erika Tri Anggraeni & Sharah Tia Permana SMKN 3 Bogor)

Dok : Forum Tempe.org
Dok : Forum Tempe.org

Bahan:

  • 500 g Tempe
  • Terigu
  • Daging Tenggiri
  • Telur
  • Lada & garam
  • Bumbu Merah
  • Keju

Cara membuat:

  1. Kukus tempe
  2. Campurkan semua bahan, lalu, aduk sampai merata
  3. Setelah itu bentuk adonan membulat
  4. Panaskan minyak, goreng hingga berwarna kuning kecoklatan

Bakpau Tempe

(Muhammad Isra F & Ahmad Renaldi SMK Windian Nugraha Bogor)

Dok : Forum Tempe.org
Dok : Forum Tempe.org

Bahan Adonan Bakpau: B h I i B k

  • 1/2 kg Tepung Terigu 100 g Gula Pasir
  • 1 butir Telur 1/2 bungkus Fernipan
  • 100 cc Air Santan 4 lembar Daun Jeruk,

Bahan Isi Bakpau:

  • 250 gr Tempe 1 sdt Merica
  • 1 sdm Garam 2 sdm Gula
  • 2 sdm Oyster Sauce 2 siung Bawang Putih
  • 1 lembar Daun Pandan.

Cara Membuat:

1. Masukkan tepung terigu, gula pasir, telur, fernipan, air santan yang sudah di rebus 

3 siung Bawang Merah 3 sdm Kecap Manis

100 cc Kaldu Ayam Cair.

daun jeruk dan pandan campurkan semua bahan hingga menjadi satu dan kalis.

2. Kemudian diamkan adonan selama 30 menit sampai adonan mengembang, dan

ditutup agar kedap udara.

3. Setelah adonan bakpau mengembang bagi adonan bakpau masing-masing 20 gr lalu

bulatkan, masukkan isi bakpau 1 sdm, lalu bentuk bulat kembali.

4. Setelah itu lalu kukus selama 40 menit.

5. Setelah adonan mengembang angkat dan sajikan selagi hangat.

Cara Membuat:

1.Panaskan panci beri sedikit minyak lalu tumis bawang putih sampai tercium aromanya, lalu

masukkan tempe lebih kecil

2. Beri sedikit merica garam gula pasir lalu diaduk hingga rata lalu masukkan kaldu ayam cair, merica, garam, rata, cair,kecap manis, dan oyster sauce, masak hingga air menyusut dan  bumbu meresap ke dalamnya,

3.Setelah meresap angkat dan simpan dalam mangkuk.

Beancurd Layer Pudding with Yogurt Sauce

(Ilham Hakim & Risty Agti Kurnia P SMKN 3 Bogor)

Dok : Forum Tempe.org
Dok : Forum Tempe.org

Bahan Pudding Bacem:

  • 200 gr Tempe , 1 bungkus Agar-agar 70 gr, Palm Sugar
  • 120 gr Gula 800 ml Air.

Bahan Pudding Jeruk:

  • 100 gr Tempe, 1 bungkus Agar-agar, 600 ml Air
  • 200 gr White Chocolate 500 ml Susu Putih
  • 100 ml Gula Pasir Ekstrak Jeruk

Bahan Yoghurt Sauce:

  • 200 ml Fresh Yoghurt 100 ml Sari Tempe
  • 1 butir Putih Telur 50 gr Gula Pasir
  • 30 ml Air Lemon Maizena secukupnya

Cara Membuat Pudding Bacem:

1. Ungkep tempe dengan gula jawa. Campurkan semua bahan panaskan hingga mendidih.

2. Masukan ke dalam cetakan lalu tambahkan tempe bacem.

Cara Membuat Pudding Jeruk

1. Campurkan semua bahan lalu panaskan hingga mendidih

2. Masukan ke dalam cetakan yang telah terisi pudding bacem sehingga membentuk lapisan.

 

Cara Membuat Yoghurt Sauce:

1. Kocok putih telur hingga mengembang/kaku. Lalu gabungkan dengan bahan lainya.

2. Sajikan dengan beancurd layer.

Brownies Tempe

Gerinaldi Andhika & Ichsan Giri D SMKN 30 Jakarta)

Dok : Forum Tempe.org
Dok : Forum Tempe.org

Bahan:

3 butir telur 100 g gula

100 g terigu protein sedang 90 g margarin

120 g tempe 75 g coklat masak

1/4 sdt bubuk vanilli 1/2 sdt baking powder

Whipped cream secukupnya,

Cara Membuat:

1.Gula dan telur mixer sampai putih kaku, masukan terigu

dan bubuk vanili, aduk sampai rata.

2.Setelah rata masukan margarin yang telah dicairkan dan masukan coklat masak yang telah dicairkan, aduk

sampai rata.

3.Masukan tempe yang sudah dikukus, aduk sampai rata.

4.Panggang dengan suhu 18C kira kira sekitar 35 menit.

5.Setelah jadi keluarkan dari cetakan, garnish dan sajikan.


Es Krim Tempe

(Erika Tri Anggraeni & Sharah Tia Permana SMKN 3 Bogor)

Dok Forum Tempe.org
Dok Forum Tempe.org

Bahan:

250 g tempe 4 butir telur

Santan susu

Cara Pembuatan

1. Tempe dipotong kecil, kemudian rebus. Setelah diseduh dan dingin kemudian diblender.

2.Campurkan tempe yang diblender dengan santandan kocokan telur.

3. Kemudian kocok juga bahan lainnya: susu dengan putih telur.

4.Tuang hasil kocokan susu dengan putih telur tersebut ke campuran tempe yang sudah diblender

dengan santan dan kocokan telur tadi, aduk hingga kental.

5.Taburi coklat dan essens jika suka sesuai selera

6.Cairan adonan siap dimasukkan ke kulkas, tunggu hingga membeku

7.Simpan di dalam kulkas untuk menjaga tetap  dingin dan agar terlihat lebih nikmat saat disajikan.

 

Round Tempe

(Bayu Iskandar & Ali Furqon SMKN 3 Bogor)

Dok Forum Tempe.org
Dok Forum Tempe.org

Bahan:

150 gr Tempe 1 lembar Daging Asap

1 lembar Keju 1 butir Telur

50 gr Terigu 50 gr Tepung Panir

1/4 kg Minyak Goreng Garam dan Lada secukupnya

Cara Membuat:

1. Kukus tempe hingga matang, haluskan serta beri bumbu.

2. Siapkan selembar plastik, lalu letakkan tempe di atas plastic, ratakan dan tekan hinggatipis.

3. Setelah tempe rata, letakkan daging asap, dan keju di atas lembaran tempe.

4. Gulung tempe hingga padat dan membentuk memanjang (seperti tabung).

5. Siapkan bahan tepung, telur dikocok terlebih dahulu, dan tepung panir untuk lapisan luarnya.

6. Balur gulungan tempe dengan terigu, lalu masukan ke dalam kocokan telur, setelah itu balur

lagi dengan tepung panir, masukan ke dalam kulkas sebentar

7. Siapkan minyak goreng, dan panaskan.

8. Goreng gulungan tempe hingga berwarna kuning keemasan, tiriskan.

9 Potong gulungan tempe yang sudah matang hingga terlihat seperti ban (round)

matang, round).

10.Round Tempe siap dihidangkan.

 

Siomay Tempe

(Lukas Dwi P & Brandy Bhakti N SMK Baranangsiang Bogor)

 

Bahan:

3 buah Pangsit Basah 200 gr Tempe

50 gr Udang Ebi 1 ons Ikan Tenggiri

Seledri Secukupnya 2 sdm Sagu

 

Bahan untuk Sauce Kacang:

100 gr Kacang tanah 1/2 sdm Gula pasir

1 buah Asam Jawa 2 buah Bawang Putih

 

Cara Membuat Siomay Tempe:

1. Bentuk pangsit seperti mangkuk, haluskan tempe, ikan tenggiri, sagu dan garam dan

lada.

2. Masukan adonan somay kedalam pangsit basah, taburi ebi di atas somay, kukus 25

menit.

Cara Membuat Sauce Kacang:

1. Sangrai kacang hingga harum,

2. haluskan bersama gula,garam, dan air asam jawa. Setelah halus sajikan bersama siomay.

 

Tempe Schotel

(I Wayan Tirta SH & Yolanda Ajeng P SMKN 30 Jakarta)

shotel-5a28072c677ffb473b40ad44.jpg
shotel-5a28072c677ffb473b40ad44.jpg

Bahan:

20 gr Tempe 1/2 sdm Margarin 1/4 bh Bawang Bombay

siung Bawang Putih 20 gr Daging Giling 1 buah Daun Bawang

10 gr Bayam 20 ml Susu Cair 10 gr Jagung Manis Pipil,

1 butir Telur 10 gr Keju Parut

Garam dan Lada secukupnya.

Cara Membuat:

1. Kukus terlebih dahulu tempe kurang lebih 10 menit, lalu setelah itu

haluskan dalam satu wadah.

2. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga

harum.

3. Masukkan daging giling, masak hingga berubah warna, lalu angkat.

4. Campur dalam satu wadah; tempe, tumisan daging, daun bawang,

jagung manis, bayam, susu cair, telur, garam, dan merica bubuk,

aduk hingga rata.

5. Masukkan adonan ke dalam pinggan tahan panas / aluminium foil

yang telah dioles margarin.

6 Panggang 180 C

6. Taburi dengan keju parut, panggang dalam oven dengan suhu selama 15 menit hingga matang, lalu angkat dan sajikan.

Sumber : forumtempe.org


Special Thanks to Bebby Astrika Sekarsari, S.Gz (Spesialis Gizi), Kang Pepih, Tim DanoneBloggerAcademy dan New Family @DanoneBloggerAcademy Batch 1